Ada Demo Abu Janda Cs dan Bang Japar Siang Ini, Polda Metro Turunkan 659 Personel

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 12:34 WIB
Ada Demo Abu Janda Cs dan Bang Japar Siang Ini, Polda Metro Turunkan 659 Personel

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.idPolda Metro Jaya menurunkan 659 personel untuk mengawal rencana aksi unjuk rasa depan Gedung Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, siang ini. Personel itu berasal dari gabungan Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat.

“Kekuatan kurang lebih 659 personel yang diturunkan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Polisi Yusri Yunus, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Dia menuturkan, akan ada dua elemen yang berdemonstrasi di depan Balai Kota Jakarta, siang ini. Satu kelompok dari massa pro Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yakni Kebangkitan Jawara dan Pengacara Jaga Jakarta (Bang Japar). Sementara, satu kelompok lagi dari massa penentang Anies yang dimotori Abu Janda dan kawan-kawan.

Menurut selebaran yang beredar, aksi massa oleh kedua kelompok itu akan digelar bersamaan antara pukul 14.00 WIB-17.00 WIB. “Kan surat pemberitahuan unras (unjuk rasa) ada dua, satu yang kontra, satu yang pro (Anies),” ujar Yusri.

Dengan adanya agenda demo tersebut, arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan arah ke depan Patung Kuda Indosat dipastikan akan terganggu. Namun, Yusri menyatakan Polda Metro Jaya belum akan melakukan penutupan jalan di sana. Semua kebijakan disesuaikan dengan melihat kondisi yang ada di lapangan.

“Kami situasional saja melihat di lapangan, kalau perlu ditutup, tutup dua-duanya kalau massanya banyak,” kata dia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil