Ajak Warga Berjalan Kaki, Pemprov DKI Hadirkan Interaksi Ruang Ketiga

Diaz Abraham · Rabu, 30 Oktober 2019 - 17:30:00 WIB
Ajak Warga Berjalan Kaki, Pemprov DKI Hadirkan Interaksi Ruang Ketiga
JPO di Ibu Kota kini dibangun bukan sekadar sebagai sarana, tapi juga memberikan pengalaman berbeda karena didesain dengan gaya artistik dengan cahaya lampu warna-warni. (Foto: iNews.id/Diaz Abraham)

JAKARTA, iNews.id – Berjalan kaki bagi sebagian besar orang yang hidup di Jakarta menjadi hal yang sulit dilakukan. Itu karena kebiasaan masyarakat Ibu Kota menggunakan moda transportasi pribadi, di samping faktor-faktor lainnya seperti keamanan, hingga kurangnya fasilitas penunjang bagi para pejalan kaki.

Namun, wajah Jakarta yang seperti itu kini telah berubah menjadi lebih baik lewat keseriusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menata ulang jalur pedestrian. Apalagi Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah mencanangkan pejalan kaki sebagai arus utama transportasi di Ibu Kota.

Sebagai stimulus keberhasilannya, Pemprov DKI Jakarta telah menata ruang ketiga sebagai lokasi interaksi baru bagi seluruh warga Jakarta, selain lingkungan rumah dan pekerjaan/belajar. Ini dilakukan sebagai upaya mendorong warga untuk gemar berjalan kaki melewati jalur pedestrian di Ibu Kota dengan nyaman dan aman.

Selain trotoar yang dibuat lebih lebar, hadir pula jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dibangun bukan sekadar sebagai sarana perjalanan, melainkan menjadi pengalaman bagi warga yang melintas karena didesain dengan gaya artistik dengan cahaya lampu warna-warni. Alhasil, ketiga JPO ini menjadi lokasi yang digemari warga sebagi lokasi berswafoto pada malam hari.

“Pemprov DKI Jakarta telah merevitalisasi di tiga JPO, yaitu JPO Bundaran Senayan, JPO Polda Metro Jaya, dan JPO Gelora Bung Karno. Ketiganya memiliki fasilitas keamanan memadai karena telah dilengkapi dengan kamera CCTV dan personil Satpol PP,” ujar Anies.

Desain JPO dibuat bidang miring (ramp), sehingga pengguna tidak perlu menaiki tangga. Untuk para ibu hamil, lansia, serta penyandang disabilitas, telah disiapkan fasilitas lift di kedua belah sisi JPO. Kehadiran ruang ketiga tidak hanya tercermin dari revitalisasi JPO tapi juga melalui hadirnya ekosistem seni, budaya, dan dan olahraga di jalur pedestrian yang sayang untuk dilewatkan bagi warga Jakarta. Di antaranya seni mural di Terowongan Jalan Kendal dan pertunjukan Musik Tepi Barat.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda