Anies Akan Ubah Sampah Bantargebang Jadi Energi Pengganti Batubara

Muhammad Refi Sandi ยท Senin, 21 Februari 2022 - 12:38:00 WIB
Anies Akan Ubah Sampah Bantargebang Jadi Energi Pengganti Batubara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara Hari Peduli Sampah Nasional 2022 secara virtual, Senin (21/2/2022). (Foto dok Pemprov DKI).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi bukanlah sebagai tempat menampung sampah. Melainkan tempat untuk mengolah sampah.

Anies mulai membangun fasilitas pengolahan sampah baru dengan metode Refuse Derived Fuel (RDF) Plant dan pengolahan sampah lama atau 'landfill mining' di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi.

"Adapun di sini di Bantargebang, bukan lagi sebagai tempat untuk menampung sampah, tapi sekarang sudah mulai bergerak menjadi tempat untuk mengolah sampah," kata Anies dalam acara Hari Peduli Sampah Nasional 2022 secara virtual, Senin (21/2/2022).

Berkolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Anies akan mengubah TPST Bantargebang mengolah limbah sampah menjadi sumber energi listrik. Dia mengatakan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSA) tersebut mampu mengubah 100 ton sampah menjadi tenaga listrik sebesar 700 kwh per harinya.

"Ini adalah sebuah terobosan yang amat baik. Kami berharap nantinya fasilitas ini bisa menjadi rujukan juga di berbagai tempat di seluruh Indonesia," ujarnya.

Mantan Mendikbud itu menyebut pembangunan fasilitas baru diharapkan mampu membantu proses pengolahan sampah yang saat ini tengah berjalan. Menurut dia, apabila sudah selesai dibangun, fasilitas RDF Plant itu dicanangkan bakal mampu mengelola 2.000 ton sampah per harinya.

"Project ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi di hilir tentang pengelolaan sampah yang sudah dikirimkan ke kawasan Bantargebang. Harapannya nanti akan muncul dari proses RDF Plant ini 400 sampai 450 ton bahan bakar yang bisa menggantikan batubara. Ini juga punya efek yang baik untuk kualitas udara di sekitar kita," tuturnya.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda