Anies : Bila Kasus Covid di Jakarta Terkendali, Dunia Internasional Percaya sama Kita

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Selasa, 17 Agustus 2021 - 13:07:00 WIB
Anies : Bila Kasus Covid di Jakarta Terkendali, Dunia Internasional Percaya sama Kita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut jika kasus Covid-19 di Ibu Kota terkendali maka dunia Internasional mempercayai Indonesia. (Foto IG Anies Baswedan).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kasus aktif Covid-19 di Jakarta bagaikan batuan di dalam gua. Grafik kasus Covid-19 yang naik cukup cepat dan turun juga cepat.

"Loncat tinggi, turun tinggi, testing Tinggi tracing tinggi treatment baik. Sehingga lonjakan kasus terdeteksi awal naik. Setelah dua Minggu drop turun, kalau kasus baru tidak terkendali dia melandai ke kanan," ujar Anies dalam webinar Festival Indonesia Tangguh 2021, Selasa (17/8/2021). 

Anies juga menganalogikan bagaimana jajaran Pemprov DKI mempersiapkan untuk berperang melawan covid-19. 

"Ini satu contoh bagaimana membangun sistem selama satu tahun. Pasukan tempur berlatih dengan sitem kecil begitu perang tinggal scaling up. Kenapa? Bila Jakarta terkendali maka dunia Internasional akan percaya sama kita. Bulan Juli banyak orang meninggalkan negara kita," katanya.

Jakarta, kata Anies, berkontribusi sampai 18 persen perekonomian nasional. Bila tidak mengendalikan kasus Covid-19 dengan baik maka berpotensi memperlambat pemulihan ekonomi Indonesia. 

"Di dalam konteks ini, bagian dari Ikhtiar kita recovery. Naiknya cepat turunya sangat cepat. Jadi kami ingin Jakarta tumbuh perekonomian karena kegiatan perekonomian melambat semata-mata akibat pengurangan mobilitas penduduk di luar rumah bukan karena ada faktor lain," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel: