Anies Minta Warga Jakarta Tunda Rencana Mudik

Felldy Utama ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 13:03 WIB
Anies Minta Warga Jakarta Tunda Rencana Mudik

Gubernur Jakarta Anies Baswedan saat konferensi pers penundaan Formula E di Balaikota Jakarta, Rabu (11/3/2020). (Foto: iNews.id/WIldan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta mengeluarkan surat edaran berisi seruan untuk mengantisipasi dan pencegahan penularan virus korona di ibu kota. Seruan itu ditandatangani langsung oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan pada 18 Maret 2020.

Seruan tersebut berisi lima poin besar. Salah satunya mengimbau warga menunda rencana bepergian ke luar kota dan mudik.

"Warga diimbau untuk tidak bepergian ke luar kota, menunda rencana mudik sampai dengan penularan virus korona dapat dikendalikan dengan baik," tulis Anies.

Imbauan itu dikeluarkan untuk menghindari penularan dan penyebaran secara tak sengaja ke daerah lain. Sebelumnya penyebaran virus korona diperkirakan masih berlangsung hingga Mei 2020 yang bertepatan dengan bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Anies juga meminta para orang tua untuk mengingatkan anaknya masing-masing agar tak bepergian di luar rumah. Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu mengingatkan peniadaan kegiatan belajar mengajar bukan berarti libur.

"Kebijakan itu jangan dianggap sebagai masa liburan. Melainkan bertujuan agar semua bisa berada di rumah masing-masing untuk belajar," katanya.

Editor : Rizal Bomantama