Anies Mulus Berbahasa Inggris di Forum Internasional, Netizen: Emang Pinter, Pemimpin Cerdas

Irfan Ma'ruf · Kamis, 18 Februari 2021 - 12:17:00 WIB
Anies Mulus Berbahasa Inggris di Forum Internasional, Netizen: Emang Pinter, Pemimpin Cerdas
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Pemprov DKI Jakarta).

JAKARTA, iNew.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali berbicara di forum internasional. Pemaparan Anies menggunakan bahasa Inggris tanpa teks dipuji warganet.

Momen itu terjadi saat Anies mengikuti forum Forum C40 Cities: Time to Act, Rabu (18/2/2021). Forum global ini diikuti sejumlah tokoh, antara lain Gubernur Tokyo Yuriko Koike, Wali Kota Paris Anne Hidalgo dan Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti.

Forum C40Cities merupakan jaringan kota besar dunia yang berkomitmen untuk mengatasi perubahan iklim. Dalam forum itu Anies mengatakan, Jakarta telah mengambil momentum untuk mengatasi berbagai masalah transportasi dan mobilitas di masa pandemi ini. 

Banjir masih merendam di sejumlah wilayah Kota/Kabupaten Pekalongan. (iNews/Suryono Sukarno)

“Jumlah pengendara sepeda di Jakarta meningkat hingga 10 kali lipat berkat perubahan paradigma dari sepeda untuk sarana olahraga menjadi moda transportasi sehari-hari. Kita merasakan udara yang lebih bersih,” kata Anies, dari video yang diunggah Pemprov DKI Jakarta.

Ini forum internasional kedua yang diikuti Anies dalam sepekan terakhir. Sebelumnya Anies berbicara di forum The 2021 Climate Adaptation Summit. Dari Balai Kota DKI Jakarta mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini menuturkan langkah-langkah DKI dalam upaya ketahanan iklim.

Keikutsertaan tersebut diunggah di akun instagram miliknya. Pada forum tersebut, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu berbicara dalam bahasa Inggris tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan menjaga ekologi.

“Membuatnya seimbang adalah suatu keharusan. Ekonomi dan ekologi harus berjalan beriringan,” tutur Anies dalam forum tersebut, dikutip Kamis (18/2/2021).

Anies menjelaskan, untuk mencapai visi kota berketahanan iklim, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dari berbagai sektor, entitas swasta, dan organisasi non-pemerintah.

“Pemprov DKI Jakarta telah melakukan beberapa upaya seperti membersihkan sungai, membuat sumur resapan, penampungan air hujan, serta merevitalisasi sejumlah waduk untuk menampung air. Di samping itu Pemprov DKI juga membangun taman, hutan kota, ruang terbuka hijau, dan penanaman pohon untuk meningkatkan kualitas udara kota,” katanya.

Banjir masih merendam di sejumlah wilayah Kota/Kabupaten Pekalongan. (iNews/Suryono Sukarno)

Unggahan Anies saat tampil di kedua forum internasional itu banjir sanjungan. Netizen mengapresiasi dan memuji berbagai langkah Pemprov DKI Jakarta dalam penataan kota.

“Bersyukur bgt ada nya pa anis jdi gubernur jalarta... setidak nya nama indonesia terangkat dengan ada nya pemimpin cerdas kaya beliau... sehat2 pak...,” kata akun I Abizzar.

“Milih gubernur pure karena emang pinter dan layak. Terbukti sekian terima kasih,” kata akun M Burhan.

Pujian juga diberikan Arif L dan Idwin S. Menurut mereka, Anies selalu menunjukkan prestasi dan kebanggan bagi warganya.

“Alhamdulillah bangga banget gua punya pemimpin seperti Anda Pak. Sehat sehat selalu Pak, doa rakyat bersamamu,” kata akun Arif L.

“Semua gara2 Anies nih, Jakarta begini dasar gubernur yang bener,”ujar Idwin.

Editor : Zen Teguh

Bagikan Artikel: