Anies Resmikan SD Negeri Ramah Lingkungan Pertama di Indonesia

Ari Sandita Murti ยท Rabu, 28 September 2022 - 10:25:00 WIB
Anies Resmikan SD Negeri Ramah Lingkungan Pertama di Indonesia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan gedung sekolah baru dengan konsep ramah lingkungan di Ragunan, Jakarta Selatan. (Foto: Ari Sandita)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan gedung sekolah baru dengan konsep net zero dan green building yang ramah lingkungan dengan arsitektur abad ke-21 di SDN Ragunan 08, Jalan Harsono RM, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sekolah dengan konsep tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

"Jadi ini sekolah negeri pertama di Indonesia yang menggunakan konsep net zero dan dengan konsep seperti ini," ujar Anies di lokasi, Rabu (28/9/2022).

Menurutnya, ada 4 sekolah yang diresmikan dengan konsep net zero dan Green Building, yang diakui oleh Green Building Console Indonesia, yang mana termasuk sejarah baru di Jakarta. Rinciannya, SDN Ragunan 08, SDN Grogol Selatan 09, SDN Duren Sawit 14, dan SMAN 96.

"Sehingga seluruh standarnya atas standar ramah lingkungan, sekolah dengan konsep net zero," tuturnya.

Dia menerangkan, fenomena dalam pendidikan di Indonesia kerap terjadi manakala siswanya abad 21, gurunya abad 20, dan bangunan sekolahnya abad 19. 

Namun kini, dunia pendidikan mulai bergerak, yang mana siswanya abad ke 21, gurunya memanfaatkan pembelajaran pemanfaatan teknologi sehingga siap tuk menjadi guru yang mengajar dengan konsep abad 21.

"Begitu pula gedungnya yang semula dengan pola abad 2019 sekarang sudah menjadi abad 21," tuturnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda