Anies-Sandi Pakai Baju Cheongsam Warna Emas di Festival Cap Go Meh

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 03 Maret 2018 - 20:05 WIB
Anies-Sandi Pakai Baju Cheongsam Warna Emas di Festival Cap Go Meh

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno menghadiri Festival Pecinan 2018, Sabtu (3/3/2018). (Foto-Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri Festival Pecinan 2018 di China Town, Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat. Sabtu (3/3/2018). Keduanya kompak mengenakan busana cheongsam warna emas.

Anies yang datang pukul 15.30 WIB disambut alunan musik betawi dan ondel-ondel. Tak lamu kemudian wakil gubernur Sandiaga tiba. Kemeriahan mewarnai suasana perayaan Cap Go Meh itu.

Saat memberikan sambutan, Anies mengucapkan selamat merayakan Cap Go Meh kepada warga.  Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menekankan bahwa kawasan Pecinan harus menjadi pusat budaya Tionghoa di Jakarta.

"Ini salah satu pusat kebudayaan Tiongkok di Jakarta. Sudah lima tahun dari Pemprov tidak hadir datang ke tempat ini (pecinan) dan kami akan komitmen selama 5 tahun ke depan kita akan hadir untuk Cap Go Meh," kata Anies, Sabtu (3/3/2018).


Dia menuturkan, kehadirannya di acara ini bersama wakil gubernur sekaligus menegaskan bahwa Jakarta merupakan sebuah tempat di mana semua warganya bisa aman menjalankan ibadah keagaaman maupun budaya suatu agama maupun ras.

"Karena itu kita ingin memastikan kepada semua bahwa Jakarta adalah tempat di mana semua memiliki kesempatan yang sama untuk merawat menumbuhkan tradisi kebudayaan kita semua. Termasuk bagi masyarakat Tionghoa," katanya.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu juga mengatakan kepada warga bahwa wilayah Pecinan sebaiknya tak diubah menjadi nama China Town. Sebab, pada nama Pecinan terdapat sejarah panjang.

Anies juga berharap perayaan Cap Go Meh mampu dipertahankan terus sehingga menjadikannya sebuah budaya Tionghoa yang langgeng. Tak hanya budaya, tetapi ada pergerakan ekonomi di situ.

"Peraayaan seperti ini bukan hanya warna-warninya Jakarta, tapi ada efek menggerakan ekonomi Jakarta. Semoga tahun ini menjadi tahun yang membawa berkah dan menambah rezeki bagi semua sekaligus tahun yang damai bagi semuanya. Kami berdua merasa bersyukur juga nih dapat baju cheongsam, cocok, pas pakainya," ucapnya, yang langsung disambut senyum dan tawa warga.


Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sangat mengapresiasi acara Cap Gomeh. Menurutnya dalam acara Festival ini ada peluang kerja yang bergerak. "Ini bisa jadi bangkitnya ekonomi mikro. Kalau kita lihat festival seperti ini, menciptakan begitu banyak peluang usaha bagi warga sekitar Pecinan di sini," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat Anas Efendi mengungkapkan, Cap Go Meh dilaksanakan 15 hari sesudah Tahun Baru Imlek. Khusus di acara ini terdapat jalan sepanjang 750 meter yang diisi oleh beberapa UMKM Jakarta Barat. Ini sekaligus mendorong agar ekonomi warga.


Editor : Zen Teguh