Anies Sebut 2033 Seluruh Warga Jakarta Terfasilitasi Air Bersih

Wildan Catra Mulia ยท Minggu, 08 Desember 2019 - 15:59 WIB
Anies Sebut 2033 Seluruh Warga Jakarta Terfasilitasi Air Bersih

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di IPAL Krukut, Jakarta, Minggu (8/12/2019). (Foto: iNews.id/WIldan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, kebutuhan pengelohan air limbah menjadi air bersih di Jakarta memakan waktu hingga lebih dari 10 tahun. Dia mengatakan, baru pada 2033 seluruh warga Ibu Kota terfasilitasi air yang layak pakai.

Anies menyebut kondisi tersebut merupakan warisan gubernur sebelumnya. Untuk itu Pemprov DKI saat ini sedang fokus soal air pipanisasi bersih di Jakarta.

"Karena itu dari sekarang kita mulai dan sampai 2030 saja, dalam 10 tahun itu baru bisa selesai 84 persen, kalo mau 100 persen itu nanti bisa tahun 2033, untuk menggambarkan bahwa ini memang kegiatan jangka panjang, dan harus dimulai," katanya di Jakarta, Minggu (8/12/2019).

Anies mengatakan penyediaan air bersih memang sering dilupakan. Kenyataanya, banyak warga kalangan bawah yang justru harus membayar mahal untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi cuci kakus (MCK).

"Ini adalah satu isu yang terlewatkan dari perhatian umum, kita lebih cenderung membicarakan hal-hal yang terlihat mata, padahal semua kita melakukan kegiatan membuang limbah, limbah air itu luar biasa. Nah, kami tidak mau menyisakan masalah ini untuk generasi masa depan," tuturnya.

Pemprov DKI Jakarta baru melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Intalasi Pengelohan Air Limbah (IPAL) di Krukut, Karet Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Minggu (8/12/2019).

Editor : Djibril Muhammad