Anies Terima Dokumen Syarat Pencalonan 2 Cawagub

Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 10 Maret 2020 - 07:40 WIB
Anies Terima Dokumen Syarat Pencalonan 2 Cawagub

Gubernur Jakarta Anies Baswedan saat menerima dokumen syarat pencalonan dari cawagub Nurmansjah Lubis di Balai Kota Jakarta, Senin (9/3/2020). (Foto: iNews.id/WIldan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Dua kandidat wakil gubernur (wagub) Jakarta menyerahkan dokumen syarat administrasi sebagai cawagub ke Gubernur Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta, Senin (9/3/2020). Berkas itu wajib diserahkan kepada Gubernur sebagai bagian dari tata tertib (tatib) pemilihan wagub DKI.

Dua cawagub yaitu Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Gerindra menyerahkan dokumen di waktu yang berbeda. Riza mengatakan, dirinya sudah menyerahkan semua syarat administrasi beserta Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"Tadi sudah (menyerahkan) dokumen syarat menjadi cawagub. Sudah semua diserahkan," kata Riza.

Riza mengaku sudah menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatan anggota DPR periode 2019-2024 sebagai syarat maju sebagai cawagub. Aturan ini termaktub dalam Pasal 44 ayat 1 huruf q Peraturan DPRD DKI tentang Tata Tertib DPRD Jakarta yang juga memuat soal tatib pemilihan wagub Jakarta.

"Sudah dong kalau itu," ujarnya.

Setelah itu giliran Nurmansjah Lubis yang menyerahkan dokumen persyaratan kepada Gubernur Anies. Pria yang akrab disapa Ancah itu menyampaikan secara detail dokumen yang diserahkan ke Anies seperti LHKPN, Surat Kesehatan, dan Surat Bebas Narkoba.

"Berkasnya macam-macam ada ijazah, LHKPN, syarat pajak, surat utang, surat pengadilan, surat kesehatan, dan surat bebas narkoba," ucapnya.

Setelah berkas diberikan, Anies akan melanjutkannya ke Panitia Pemilih (Panlih) Wagub DKI. Berkas-berkas itu kemudian diverifikasi dan dilanjutkan dengan proses pemilihan melalui voting tertutup pada rapat paripurna yang akan digelar pada 24 Maret 2020.

Editor : Rizal Bomantama