Anies Tunggu Sikap Pemerintah Pusat terkait Usulan Bekasi Gabung Jakarta

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 19 Agustus 2019 - 19:44 WIB
Anies Tunggu Sikap Pemerintah Pusat terkait Usulan Bekasi Gabung Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/ Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunggu sikap pemerintah pusat terkait usulan agar wilayah Bekasi menjadi bagian wilayah Jakarta. Usulan itu dilontarkan oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Anies mengatakan, tata pemerintahan suatu negara merupakan kewenangan pemerintah pusat. Dia siap menindaklanjuti keputusan pemerintah pusat terkait usulan tersebut.

"Aspirasi itu kita menghargai kita menghormati dan biar berproses di pemerintah pusat karena prosesnya bukan antarwilayah," ujar Anies di Gedung DPRD DKI, Senin (19/8/2019).

Menurutnya, secara ekonomi, Jakarta dan kawasan penyanggah merupakan satu kawasan ekonomi terintegrasi. Faktor tersebut yang membuat Kota Bekasi tertarik menjadi bagian Provinsi DKI Jakarta.

"Hanya secara administrasi pemerintahan yang berbeda, tapi secara ekonomi Jakarta dengan kabupaten dan kota yang bertetangga seperti Bekasi, Tangerang Selatan, Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Depok itu sebagai satu perekonomian relatif terintegrasi," ucapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi yang dipanggil Pepen ini meyakini sebagian besar warganya setuju jika Kota Bekasi bergabung dengan Provinsi DKI Jakarta. Pernyataan itu disampaikan Pepen usai menghadiri apel pagi di kompleks Kantor Pemerintah Kota Bekasi, Senin (19/8/2019).


Editor : Kurnia Illahi