Banten Tetapkan Status KLB Korona, SMA Sederajat Diliburkan

Sindonews, Rasyid Ridho ยท Minggu, 15 Maret 2020 - 08:25 WIB
Banten Tetapkan Status KLB Korona, SMA Sederajat Diliburkan

Gubernur Banten, Wahidin Halim. (Foto: Antara)

SERANG, iNews.id - Pemerintah provinsi (Pemprov) Banten menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) virus korona. Pemprov Banten menjadi pemerintah daerah kedua yang menetapkan status KLB setelah Pemkot Solo di Jawa Tengah.

Keputusan itu diambil setelah rapat bersama dinas terkait, Sabtu (14/3/2020). Rapat itu dipimpin langsung oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim.

"Menetapkan Banten KLB virus korona, hal ini dilakukan untuk menekan wabah virus korona di Banten," ucap Wahidin melalui keterangan tertulis, Minggu (15/3/2020).

Sebagai dampak atas keputusan itu, Pemprov Banten meniadakan sementara apel dan upacara serta berbagai kegiatan yang berpotensi menghadirkan orang banyak. Pemprov juga meliburkan kegiatan belajar dan mengajar di SMA dan sederajat selama dua pekan ke depan. Kegiatan belajar mengajar akan diganti dengan pembelajaran via dunia maya sejak 16 sampai 30 Maret 2020.

Selain itu Pemprov juga membatalkan kunjungan ke luar daerah dan tidak menerima kunjungan dari luar Banten hingga status KLB tersebut dicabut. Wahidin mengimbau masyarakat mengurungkan rencana bepergian ke daerah yang sudah terpapar virus korona.

"Masyarakat tetap waspada dan tidak panik. Selalu menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan sabun, konsumsi makanan bergizi, cukup istirahat, dan berolah raga," kata Wahidin.

Sebelumnya Wahidin memastikan ada empat warganya yang positif terinfeksi virus korona. Menurutnya mereka telah dirawat di RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan, Jakarta.

Editor : Rizal Bomantama