Bima Arya Alokasikan Dana Perbaikan 900 Rumah Terdampak Puting Beliung

Furqon Munawar ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 10:56 WIB
Bima Arya Alokasikan Dana Perbaikan 900 Rumah Terdampak Puting Beliung

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (Foto: iNews)

BOGOR, iNews.id – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau lokasi terdampak bencana angin puting beliung di empat kelurahan Kota Bogor. Pemerintah kota (pemkot) berjanji segera mengucurkan dana bantuan bencana untuk membantu perbaikan rumah warga yang rusak.

“Rehabilitasi yang segera adalah perbaikan atap, sementara pakai terpal. Karena warga rata-rata ingin segera kembali ke rumahnya. Jangka panjang, bantuan dari anggaran tak terduga, ini segera berproses untuk perbaikan,” kata Bima Arya di Kelurahan Batutulis, Kota Bogor, Jumat (7/12/2018).

Dia mengatakan, saat ini Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih terus mendata jumlah rumah rusak hingga korban mengungsi akibat puting beliung. Bima menuturkan, data sementara jumlah rumah rusak berat dan ringan mencapai 900 unit.

“Kita masih melakukan pendataan, titik-titik mana yang memerlukan bantuan, seperti di pengungsian itu, obat-obatan juga. Jumlah rusak hampir 900 dari data sementara,” ujar dia.

Menurut dia, jumlah rumah warga terdampak yang paling banyak berada di Kelurahan Cipaku, Pamoyanan, Batutulis, dan Lawang Gintung. Beberapa warga yang rumahnya rusak ringan dan berat diungsikan sementara di masjid-masjid terdekat.

BACA JUGA: Puting Beliung Porak-porandakan Kota Bogor, 1 Tewas Tertimpa Pohon

Puting beliung melanda wilayah Bogor Selatan Kota Bogor sekitar pukul 15.30 WIB. BMKG mencatat kecepatan angin mencapai 30 knot (50 kilometer per jam). Angin menyapu permukiman warga hingga mengangkat atap rumah dan menerbangkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Kejadian itu mengakibatkan seorang pengemudi mobil Enny Reno (45) tewas tertimpa pohon.

Kapolsek Bogor Selatan Kompol Riyanto mengatakan, korban meninggal dunia di lokasi kejadian saat mobil yang dikendarainya tertimpa pohon besar di Jalan Raya Lawanggintung, Bogor Selatan.

“Satu korban meninggal dunia atas nama Enny Reno karena mobilnya tertimpa pohon tumbang saat terjadi puting beliung,” kata Riyanto, Kamis (6/12/2018).


Editor : Khoiril Tri Hatnanto