Bima Arya: Tidak Ada Lagi Isolasi Mandiri di Kota Bogor

Sindonews, Haryudi ยท Kamis, 11 Juni 2020 - 08:06:00 WIB
Bima Arya: Tidak Ada Lagi Isolasi Mandiri di Kota Bogor
Wali Kota Bogor, Bima Arya. (Foto: Antara)

BOGOR, iNews.id - Jumlah pasien positif covid-19 di Kota Bogor pada Rabu (10/6/2020) mengalami lonjakan cukup signifikan dengan penambahan 16 orang. Padahal selama delapan hari sejak 24-31 Mei 2020, Kota Bogor nihil penambahan kasus positif.

Pemerintah Kota Bogor langsung bergerak cepat untuk mencegah penularan lebih luas. Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menegaskan ke depannya tak ada lagi pasien positif covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

"Setelag dievaluasi, Pemkot Bogor memutuskan untuk mengarahkan semua pasien positif yang melakukan isolasi mandiri untuk dirawat inap di RSUD Bogor, jadi ke depan tidak ada lagi isolasi mandiri, semua dipusatkan di RSUD Kota Bogor," kata Bima Arya.

Bima Arya mengatakan keputusan itu diambil melihat risiko penyebaran semakin tinggi jika pasien positif menjalani isolasi mandiri karena masih melakukan kontak dengan keluarganya. Menurut data yang dihimpun, 38 orang dari 59 pasien positif yang masih ada di Kota Bogor melakukan isolasi mandiri.

Dia menjelaskan penambahan 16 pasien positif pada hari Rabu merupakan penambahan terbanyak dalam sehari setelah pandemi melanda Kota Bogor. Oleh sebab itu Bima Arya menekankan perlunya kedisiplinan melaksanakan protokol kesehatan oleh masyarakat termasuk di rumah sakit rujukan covid-19.

"Kami akan memperkuat protokol kesehatan di rumah sakit rujukan diawali dengan audit, fasilitas serta pelaksanaan protokol kesehatan. Tidak hanya di rumah sakit rujukan tapi juga seluruh rumah sakit dan puskesmas di Kota Bogor," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama