Bogor Dikepung Banjir, Bupati Ade Yasin Siapkan Tim Siaga Tanggap Bencana

Haryudi ยท Selasa, 22 September 2020 - 07:55 WIB
Bogor Dikepung Banjir, Bupati Ade Yasin Siapkan Tim Siaga Tanggap Bencana

Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin. (Foto: Antara)

BOGOR, iNews.id - Kabupaten Bogor dikepung banjir. Hujan deras yang terjadi Senin, 21 September 2020 malam, membuat tinggi muka air (TMA) berada di level tertinggi 250 sentimeter.

Bupati Bogor Ade Yasin mengingatkan warganya agar senantiasa waspada dan siaga. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, menurut dia, juga telah menyiapkan Tim Siaga Tanggap Bencana.

"Menyiapkan Tim Siaga Tanggap Bencana di titik lokasi rawan bencana, mengevakuasi warga yang tinggal di wilayah rawan ke lokasi yang aman," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (21/9/2020).

Ade menuturkan, sudah memberikan instruksi kepada BPBD turun ke lokasi untuk memberikan pertolongan bencana secara cepat dan terukur. Dia mengaku terus memantau perkembangan terkini.

"Untuk seluruh warga, saya imbau untuk tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan, mengingat hujan di sebagian wilayah masih terjadi," ujarnya.

Ade juga meminta BPBD melakukan pemetaan lokasi bencana, menghitung resiko lanjutan dan mencari kawasan yang aman serta strategis dalam upaya evakuasi. Selain itu, memastikan kebutuhan dasar korban bencana seperti sandang dan pangan terpenuhi.

"Segera melakukan koordinasi di lapangan dengan unsur-unsur terkait terutama TNI/Polri, Basarnas dan melibatkan peran serta masyarakat setempat," ucapnya.

Editor : Djibril Muhammad