Busa Limbah Masih Terjadi di BKT, Warga Terus Berdatangan Menonton

Sindonews, Okto Rizki Alpino ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 06:30 WIB
Busa Limbah Masih Terjadi di BKT, Warga Terus Berdatangan Menonton

Warga menikmati malam di pinggir BKT sambil melihat fenomena busa limbah. (Foto: SINDOnews/Okto Rizki Alpino)

JAKARTA, iNews.id - Fenomena busa limbah masih tampak di aliran Banjir Kanal Timur (BKT), Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (1/7/2020) malam. Hal tersebut justru membuat warga berdatangan ke lokasi untuk menonton, alih-alih menjauh.

Lita (23), warga Duren Sawit mengabadikan fenomena itu saat bersantai bersama teman-temannya di atas jembatan BKT. Bahkan menurutnya busa limbah terlihat seperti salju.

"Busanya menyerupai salju, jadi kami sekalian foto-foto," katanya.

Tak hanya Lita, kawasan sekitar pintu BKT yang penuh busa limbah itu dipenuhi warga. Hal itu dimanfaatkan pedagang kaki lima untuk menggelar tikar dan menjajakan dagangannya ke masyarakat.

"Saya memang biasa jualan minuman di sini. Tapi gara-gara busa itu warga membeludak, saya tambah lagi tikarnya," ucap pedagang minuman bernama Rudi.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih menjelaskan munculnya busa itu disebabkan turbulensi arus yang memutar endapan limbah detergen rumah tangga. Turbulensi terjadi dipicu penutupan pintu air BKT.

"Fenomena turbulensi aliran akibat ketinggian yang berbeda dari sisi yang berlawanan dan dipicu oleh penutupan Pintu Air Weir 1 Malaka Sari," ujarnya pada 28 Juni 2020.

Editor : Rizal Bomantama