Cari Tahu Asal Limbah Radioaktif Serpong, Polisi Periksa 7 Orang

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 19:15:00 WIB
Cari Tahu Asal Limbah Radioaktif Serpong, Polisi Periksa 7 Orang
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono. (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

JAKARTA, iNews.id – Polisi memeriksa sejumlah saksi terkait temuan limbah zat radioaktif Perumahan Batan Indah Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Sebanyak tujuh dari 12 orang yang dipanggil telah diperiksa.

“Hari Kamis (20/2/2020) kemarin kami mengundang, ada 12 saksinya yang akan kami mintai keterangan. Tapi kemarin yang datang ada tujuh,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Dia menuturkan, pemeriksaan itu dilaksanakan oleh tim gabungan yang sebelumnya dibentuk Mabes Polri. Tim itu terdiri atas unusr dari Polda Metro Jaya, Polres Tangerang Selatan, Puslabfor Polri, Detasemen Gegana, dan juga tim Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Mabes Polri.

“Di sana (yang diperiksa) ada satpamnya, ada pengurusnya, ada yang di kantor, ada masyarakat semua kita mintai keterangan,” ujarnya.

Dia mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui asal muasal limbah dan kronologi dari kejadian tersebut. Namun, dia menyebut hingga kini belum ada hasil yang bisa disampaikan terkait pemeriksaan tersebut, tidak ada batas waktu penyelidikan.

“Tentunya kami masih kita tunggu untuk hasilnya. Seceptnya-secepatnya,” ucapnya.

Hingga saat ini, kata Argo, pihaknya masih belum mengetahui jika ada warga yang telah terkontaminasi limbah nuklir tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil