Catat, Polres Bogor Tutup Jalur Menuju Puncak pada Malam Tahun Baru

Sigit Ario, Ayu Jelita ยท Selasa, 26 Desember 2017 - 11:30 WIB
Catat, Polres Bogor Tutup Jalur Menuju Puncak pada Malam Tahun Baru

Kemacetan lalu lintas menuju Puncak Bogor pada libur Natal kemarin. (Foto: iNews)

BOGOR,iNews.id – Kawasan Puncak Bogor selalu menjadi pilihan destinasi wisata bagi warga saat merayakan malam Tahun Baru. Diprediksi ribuan kendaraan memadati Puncak saat malam pergantian tahun 31 Desember nanti.

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan dan kemacetan, Polres Bogor akan menutup jalur menuju Puncak pada 31 Desember 2017 sejak pukul 18.00 WIB. Masyarakat yang ingin mengunjungi Puncak Bogor pada malam Tahun Baru diimbau untuk sampai lebih awal atau sebelum pukul 18.00 WIB.

“Penutupan dimulai Minggu 31 Desember pukul 18.00 WIB sampai hari Senin 1 Januari pukul 06.00 WIB,” kata Kanit Turjawali Polres Bogor Iptu Vino di Bogor, Selasa (26/12/2017).

Menurut dia, penutupan akan dimulai dari Simpang Sirait yang berada sekitar satu kilometer dari gerbang Tol Ciawi. Bagi warga yang biasa menuju Cianjur lewat Puncak Bogor dialihkan ke jalur Cileungsi-Jonggol atau jalur Sukabumi, begitu sebaliknya.

Polres Bogor memprediksi kepadatan kendaraan kembali terjadi pada Senin 1 Januari malam. Polisi akan menerapkan skema rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Sementara di luar jadwal penutupan jalur menuju Puncak Bogor pada malam Tahun Baru, Polres Bogor tetap menerapkan sistem one away atau buka tutup. “Kami imbau masyarakat juga memperhatikan jadwal buka tutup. Jadi bisa mengurangi penumpukan kendaraan,” ujar dia.

Sistem satu arah diberlakukan sebanyak dua sesi. Yakni sesi pertama berlangsung pada pukul 07.00-11.00 WIB dari arah Jakarta menuju Puncak Bogor. Sementara sesi kedua berlaku pada pukul 13.30-16.30 WIB untuk kendaraan dari Puncak menuju Jakarta.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto