Cegah DBD Mewabah di 2019, Caleg Perindo Asapi Kampung di Bojonggede

Okezone ยท Minggu, 06 Januari 2019 - 15:50 WIB
Cegah DBD Mewabah di 2019, Caleg Perindo Asapi Kampung di Bojonggede

Kegiatan fogging atau pengasapan oleh caleg Perindo M Sopiyan di Kampung Kelapa, Desa Rawa Panjang, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/1/2019). (Foto: Okezone)

BOGOR, iNews.id – Calon anggota legislatif (caleg) DPR dari Partai Perindo, M Sopiyan, mengadakan kegiatan fogging (pengasapan) di Kampung Kelapa, Desa Rawa Panjang, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilakukan secara gratis atas permintaan warga untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di musim hujan.

“Tadi ada sekitar 500 kepala keluarga dan lingkungan sekitar yang kami fogging. Ini kami lakukan dari permintaan warga karena khwatir penyebaran DBD,” kata Sopiyan saat dijumpai di lokasi, Minggu (6/12/2019).

Dia menuturkan, Kampung Kelapa adalah area permukiman yang sangat padat penduduk. Kondisi semacam itu menurutnya dapat memicu perkembangbiakan nyamuk pembawa DBD, sehingga perlu diantisipasi dengan pengasapan.

“Selain dari warga asli, warga urban juga banyak tinggal di sini. Jadi memang rawan penyebaran demam berdarah, untuk itu kami fogging,” ucapnya.

Menurut dia, di samping melakukan pengasapan, diperlukan juga kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit DBD. Sosialisasi dari pemerintah daerah setempat juga tidak kalah pentingnya untuk mencega penyebaran penyakit tersebut.

“Kami (dengan fogging ini) sifatnya hanya pencegahan. Yang paling penting, masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing untuk kesehatan dan kenyamanan mereka,” tutur wakil sekretaris jenderal Partai Perindo itu.

Di sela-sela kegiatan sosial hari ini, Sopiyan juga bersilaturahmi dengan masyarakat sekaligus mensosialisasikan progam-program unggulan Partai Perindo. “Suasana politik semakin panas, kami Perindo tidak ingin terbawa arus menciptakan isu-isu apalagi menyebar hoaks. Kami hanya ingin kerja nyata untuk masyarakat salah satunya fogging ini,” ujarnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil