Cegah Penularan Covid-19 dari Pemudik, Jokowi Minta Anies Skrining di Perbatasan Jakarta

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Senin, 17 Mei 2021 - 17:40:00 WIB
Cegah Penularan Covid-19 dari Pemudik, Jokowi Minta Anies Skrining di Perbatasan Jakarta
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan(Foto: MNC Portal Indonesia/Yohannes Tobing)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengantisipasi penularan Covid-19 dari pemudik. Pengawasan diminta dimulai dari perbatasan DKI Jakarta.

Jokowi menyempaikan itu dalam rapat koordinasi virtual bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman.  Agenda yang dibahas dalam rapat tersebut yakni soal penanganan pasca mudik.

"Jadi kami mengikuti rapat koordinasi Gubernur forkopimda, Wali Kota, Bupati se-Indonesia yang dipimpin bapak Presiden. Jadi tadi pak Pangdam dan pak Kapolda bersama dengan Kajati hadir bersama-sama di Balai Kota," ujar Anies usai rapat koordinasi, Senin (17/5/2021).

Mantan Mendikbud itu menambahkan, Presiden Jokowi memberi dua instruksi soal pengawasan warga yang sempat mudik. "Ada dua (arahan Jokowi). Satu Melakukan skrining kepada warga yang kembali ke Jakarta di pintu masuk, kedua di masyarakat," tuturnya.

Arahan tersebut untuk mengantisipasi adanya penularan Covid-19 di masyarakat pasca mudik. "Pergerakan itu masih terus  harus di antisipasi sampai akhir pekan depan," kata Anies.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq