Cegah Penularan Covid-19, Pengungsian Korban Banjir di DKI Jakarta Ditambah 2 Kali Lipat

Bima Setiyadi ยท Selasa, 22 September 2020 - 14:21 WIB
Cegah Penularan Covid-19, Pengungsian Korban Banjir di DKI Jakarta Ditambah 2 Kali Lipat

Banjir di Kebon Pala, Selasa (22/9/2020) (Foto: Sindo/Okto)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan lokasi pengungsian atau penampungan korban banjir tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Salah satu caranya dengan menambah jumlah penampungan sebanyak dua kali lipat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan, terjadi peningkatan debit air curah hujan. Bahkan di pintu air Katulampa mencapai tingkat siaga satu sejak Senin (21/9/2020) malam.

Beruntung, sesampainya Jakarta pada Selasa (22/9/2020) pukul 04.00 WIB, air surut hingga berstatus siaga empat.

"Kami langsung lakukan pengecekan ke pintu air manggarai dan kami siapkan sejumlah alat berat untuk mengambil sampah di pintu air. Termasuk mempersiapkan titik jumlah penampungan," kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Ariza menjelaskan, jumlah penampungan korban banjir tentunya dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 lantaran saat ini ibu kota masih dilanda pandemi. Salah satunya dengan menyiapkan jumlah penampungan sebanyak dua kali lipat.

Sayangnya, Politisi Partai Gerindra itu tidak menjabarkan lebih detail dimana saja lokasi penampungan dan apakah sudah ada yang mengungsi atau belum pasca pintu air Katulampa Siaga Satu.

"Kami tetap memperhatikan Protokol Covid-19n kemudian juga jajaran kami sudah siap dan kami minta masyarakat untuk bersiap ada 82 kelurahan yang dilalalui sungai Ciliwung dan rawan banjir," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq