Corona Semakin Masif, Pemkot Depok Pertimbangkan Penerapan Lockdown Lokal

Antara ยท Minggu, 29 Maret 2020 - 13:08 WIB
Corona Semakin Masif, Pemkot Depok Pertimbangkan Penerapan Lockdown Lokal

Wali Kota Depok Mohammad Idris. (Foto: Antara).

DEPOK, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat menilai perkembangan penyebaran virus corona (Covid-19) semakin masif. Saat ini, Pemkot Depok tengah mempertimbangkan untuk menerapkan opsi karantina wilayah (local lockdown).

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, segera berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengenai opsi tersebut. Langkah-langkah taktis telah dilakukan oleh Gugus Tugas.

Misalnya, koordinasi pusat dan provinsi secara langsung, penanganan kasus sesuai protokol, tracking pada orang-orang yang kontak erat dan penanganan area sekitar.

"Kami sedang buatkan kajiannya yang nanti disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat sebagai wakil pemerintah pusat di daerah," ujar Idris di Depok, Minggu (29/3/2020).

Menurutnya, banyak keluhan yang disampaikan terkait semakin masifnya penyebaran virus corona. Sementara, peralatan untuk penanganan virus corona sulit diperoleh, terutama alat pelindung diri (APD).

Selain itu, fasilitas kesehatan yang menangani virus corona saat ini kondisinya sangat terbatas. "Kita sudah merencanakan rumah sakit yang didedikasikan untuk Covid-19 yaitu Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). Selain itu kita rencanakan Rumah Sakit Lapang di area RSUD hingga alternatif menyiapkan ruang sekolah," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi