DBD di Jakarta Pusat Capai 212 Kasus, Masyarakat Diminta Waspada

Antara ยท Rabu, 29 April 2020 - 17:57 WIB
DBD di Jakarta Pusat Capai 212 Kasus, Masyarakat Diminta Waspada

Ilustrasi, pengasapan (fogging) pemberantasan demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Jakarta. (Foto: iNews.id/ Riezky Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jakarta Pusat mencapai 212 kasus. Peningkatan jumlah kasus tersebut dipengaruhi cuaca yang saat ini mulai memasuki musim hujan.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari mengatakan, kasus DBD di Jakarta Pusat sempat naik signifikan memasuki Maret bersamaan munculnya wabah virus corona (Covid-19).

"Catatan kami dari Januari hingga April sudah ada 212 kasus DBD di Jakarta Pusat," ujar Erizon di Jakarta, Rabu (29/4/2020).

Dia menuturkan, hingga Senin (27/4/2020) tercatat dari 8 kecamatan ada 7 kecamatan yang memiliki kasus DBD dengan kasus terbanyak terdapat di Kecamatan Cempaka Putih.

Disusul Kecamatan Kemayoran dan Tanah Abang, lalu Kecamatan Senen, Kecamatan Gambir dan Menteng serta Kecamatan Johar Baru.

Dia berharap masyarakat selain mewaspadai penyebaran virus corona juga mewaspadai kondisi rumah dari bahaya penyakit DBD. Saat ini tidak ada juru pemantau jentik (Jumantik) keliling karena penerapan physical distancing sehingga masyarakat diimbau secara sadar menjadi Jumantik bagi keluarganya di rumah masing-masing.

"Ini pentingnya peningkatan para kader jumantik mandiri di rumah masing-masing harus ditingkatkan, sehingga kasus DBD tidak meningkat," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi