Demo PA 212, Polisi Terjunkan 2.000 Personel Gabungan

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 13:31 WIB
Demo PA 212, Polisi Terjunkan 2.000 Personel Gabungan

Personel kepolisian. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sekitar 2.000 personel gabungan TNI dan Polri diterjunkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang digelar oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212 hari ini, Jumat (21/2/2020) siang. Aksi demo yang rencananya berlangsung dari pukul 13.00 WIB sampai 18.00 WIB akan diikuti sekitar 1.000 peserta.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta. Menurut informasi yang diterimanya, aksi unjuk rasa akan dimulai setelah salat Jumat dengan titik awal di patung kuda Monas.

"Polda Metro Jaya dan TNI sudah siap mengamankan unjuk rasa tersebut," kata Yusri.

Yusri mengatakan kepolisian sudah melakukan pemetaan untuk menempatkan aparat keamanan. Penempatan aparat keamanan akan disesuaikan dengan lokasi dan jumlah peserta unjuk rasa.

Sementara itu untuk menghindari kemacetan, polisi sudah siap untuk melakukan rekayasa lalu lintas. Namun hal itu bersifat situasional.

"Kalau penutupan jalan situasional ya, kita lihat perkembangan situasinya. Penyampaian pendapat di muka umum sudah sering dilakukan di Monas sehingga kami sudah siapkan titik-titik pengalihan," ucapnya.

Yusri mengimbau peserta aksi untuk mematuhi aturan yang berlaku supaya semuanya berjalan tertib serta aman. Termasuk segera meninggalkan lokasi sesuai batas waktu yang ditentukan. Aksi unjuk rasa itu untuk menyampaikan pendapat tentang persoalan korupsi.

Editor : Rizal Bomantama