Dishub Bekasi Bakal Uji Coba Contra Flow di Jalan Perjuangan Bekasi untuk Urai Kemacetan

Jonathan Simanjuntak ยท Jumat, 19 Agustus 2022 - 11:27:00 WIB
Dishub Bekasi Bakal Uji Coba Contra Flow di Jalan Perjuangan Bekasi untuk Urai Kemacetan
Ilustrasi macet.(Foto: MPI/Cahya Sumirat)

BEKASI, iNews.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas dengan mekanisme contra flow di Jalan Perjuangan, Kota Bekasi. Rekayasa ini dilakukan untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi.

Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi Teguh Indrianto, uji coba dilakukan berdasarkan masukan dari masyarakat. Sebab, di Jalan Perjuangan, Bekasi dari arah Selatan ke Utara kerap terjadian antrean padat hingga Prima Harapan di pagi hari.

"Atas dasar itu kemarin sebelum ada masukan dari pengguna jalan untuk contra flow atau apa gitu. Atas dasar itu, kami kemarin sudah melakukan Join Survei bersama dengan polsek Bekasi Utara juga dari unsur lantas, UPTD BMSDA, Kelurahan," ucap Teguh saat dikonfirmasi, dikutip Jumat (19/8/2022).

contra flow di Jalan Perjuangan Bekasi
contra flow di Jalan Perjuangan Bekasi

Teguh menjelaskan, uji coba contra flow akan dilakukan pada Selasa (23/8) mendatang. Adapun pelaksanaannya dilakukan pada pukul 06.00-08.00 WIB setiap harinya.

"Kemarin kita obrolin kita kasih rentang satu minggu untuk melakukan sosialisasi dulu di Medsos. Terus juga nanti pasang spanduk, nanti kita juga sebarkan pamflet. Pada saat hari Selasa (23/8) minggu depan uji coba bisa lancar dengan bantuan pengguna jalan yang sudah tersosialisasi dari rencana ini," kata dia.

Teguh memprediksi rekayasa lalu lintas itu nantinya dapat mengurai kemacetan hingga 40 persen. Dia memastikan pengguna jalan atau masyarakat tidak akan kebingungan sebab pihaknya sudah memberikan panduan lalu lintas sepanjang jalan.

"Ya memang antrean di pagi hari itu kurang lebih dari jembatan sasak sampai dengan Prima Harapan itu maksimal 1 KM lah, 800 meter sampai 1 KM. Itu antrean kalau pagi hari. Nah harapnya pas contra flow ini bisa mengeleminir antrean kurang lebih 30 persen sampai 40 persen," tutup dia.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda