Dishub DKI Umumkan Perluasan Ganjil-Genap Hari Ini

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 07 Agustus 2019 - 05:00 WIB
Dishub DKI Umumkan Perluasan Ganjil-Genap Hari Ini

Dishub DKI Jakarta berencana mengumumkan kebijakan perluasan ganjil genap nomor kendaraan di Ibu Kota Jakarta pada Rabu (7/8/2019) hari ini. (Foto: ilustrasi/sindonews.dok).

JAKARTA, iNews.id - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mengumumkan kebijakan perluasan ganjil-genap nomor kendaraan di Ibu Kota, Rabu (7/8/2019) hari ini. Dishub sebelumnya telah melakukan finalisasi terhadap kebijakan itu.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo enggan membeberkan detail rencana perluasan tersebut. Menurut dia, semuanya akan dijelaskan saat pengumuman.

Ditanya mengenai ruas jalur yang cocok untuk diterapkan ganjil-genap, Syafrin menekankan, aspek kualitas lingkungan yang sangat memprihatinkan pada tingkat kemacetan menjadi pertimbangan. Ukuran visi rasio kemacetan mempunyai skala antara 0 hingga 1.

Skala 0 berarti baik dan skala 1 berarti jenuh alias padat kendaraan.

"Artinya dalam kriteria itu di mana visi rasionya 0,7 pada jam puncak kemacetan. Kecepatan rata-ratanya sudah berada di bawah 30 km," kata Syafrin di Balai Kota Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Selain itu, kriteria perluasan ganjil genap yakni pada jalur yang sudah terlayani oleh angkutan umum dan kriteria terakhirterkait dengan kualitas lingkungan

"Nah itu kenapa butuh waktu, karena kami harus menyimulasikan seluruh alternatif-alternatif yang ada kemudian kita akan tetapkan titik optimum terbaik dari dua aspek itu," katanya.

Rencana pengumuman ini lebih cepat dari sebelumnya. Syarin pernah mengungkapkan bahwa finalisasi untuk penerapan rute ganjil genap baru tuntas pada Jumat (9/8/2019).

Editor : Zen Teguh