Ekonomi Membaik, Pemprov DKI Kurangi Volume Bansos hingga Desember 2020

Antara ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 01:30 WIB
Ekonomi Membaik, Pemprov DKI Kurangi Volume Bansos hingga Desember 2020

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengurangi volume bantuan sosial (bansos) untuk warga terdampak pandemi virus corona (Corona Virus Desease 2019/Covid-19). Kebijakan tersebut mulai berlaku Juli hingga Desember 2020.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menuturkan, pengurangan itu karena perbaikan ekonomi ibu kota. Pembagian sembako di DKI Jakarta diberikan sejak 9 April hingga Juni 2020 atau gelombang pertama PSBB transisi.

"Kemudian untuk di Juli, akan diteruskan sampai Desember 2020, namun nanti jumlah pembagian sembako akan semakin berkurang seiring pelonggaran dan perbaikan ekonomi kita," katanya saat diskusi virtual dengan Koalisi Pemantau Bansos DKI Jakarta, Jumat (27/6/2020).

Riza mencontohkan, mulai kembalinya geliat ekonomi warga di Ibu Kota yakni ojek online dan sebagian masyarakat kembali beraktivitas normal. "Nanti secara berangsur tidak mendapat bantuan sosial," ucapnya politikus Partai Gerindra ini.

Meski demikian, Riza belum merinci jumlah data pengurangan bansos tersebut karena masih dikaji dan dihitung dengan berbagai pertimbangan. Dia berharap pengurangan bansos tidak menimbulkan masalah baru

"Intinya, pemerintah akan mengurangi bantuan seiring adanya pelonggaran dan kesempatan di sektor-sektor lain untuk dapat bekerja," ujarnya.

Editor : Djibril Muhammad