Ganjar Pranowo Inisiasi Creative Hub, Dukung Pertumbuhan Industri E-Sports di Indonesia
BEKASI, iNews.id - Keberlanjutan industri electronic sports (e-sports) sebagai sektor kreatif semakin menarik perhatian generasi muda. Karena itu, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkomitmen mendukung perkembangan industri e-sports dengan membangun creative hub.
Ganjar Pranowo mengatakan, e-sport bukan sekadar hiburan pengisi waktu luang. E-sports dapat menjadi potensi ekosistem ekonomi digital, solusi untuk menghindari jebakan pendapatan menengah.
E-sports di Indonesia, kata Ganjar, telah menunjukkan perkembangan positif dan memiliki potensi besar untuk menciptakan lapangan kerja baru dalam sektor digital.
“Kami melihat e-sports sebagai peluang bagi pemuda Indonesia. Ada generasi yang kreatif dan gemar dengan dunia digital. Oleh karena itu, kami ingin memberikan mereka ruang lebih luas untuk berekspresi,” kata Ganjar dalam acara Turnamen Mobile Legend dan Basket 3 on 3 Piala Ganjar Mahfud di GOR Basket, Kota Bekasi, Sabtu (16/12/2023).
Capres yang diusung oleh Partai Perindo itu menyataakan, industri e-sports di Indonesia juga memberikan banyak peluang pekerjaan.
Ayah dari Muhammad Zinedine Alam Ganjar ini berkomitmen untuk meningkatkan sosialisasi e-sports di masyarakat, sambil mengukuhkan kesadaran akan potensi ekonomi di sektor ini melalui kebijakan dan regulasi yang tepat.
“Beberapa lembaga pendidikan sudah mulai mengintegrasikan e-sports dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler. Kami yakin bahwa industri ini akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi,” ujar Ganjar.
Selaras dengan visi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang merata, Mantan Gubernur Jawa Tengah juga berjanji untuk memperluas akses internet sebagai bagian dari upaya mencapai keadilan digital di seluruh Indonesia.
Selain itu, Ganjar berkomitmen menyediakan akses internet gratis untuk mendukung pendidikan dan pengembangan keterampilan generasi muda.
“Kami ingin memberikan ruang bagi ekspresi generasi muda agar dapat dinikmati oleh semua. Oleh karena itu, creative hub menjadi penting dan perlu diperluas di berbagai daerah di Indonesia. Ini akan memberikan tempat bagi anak-anak muda untuk menunjukkan bakat mereka,” tutur Ganjar.
Editor: Agus Warsudi