Gara-Gara HP Meledak saat Dicas, Satu Rumah Hangus Dilalap Api

Rio Manik ยท Sabtu, 01 September 2018 - 20:59:00 WIB
Gara-Gara HP Meledak saat Dicas, Satu Rumah Hangus Dilalap Api
Api melalap rumah warga di Jalan Haji Ali RT 05 RW 04 Kampung Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (1/9/2018). (Foto-foto: iNews/Rio Manik)

JAKARTA, iNews.id – Berhati-hatilah ketika mengecas atau mengisi ulang daya listrik telepon genggam Anda. Pastikan pada saat pengecasan, posisi gawai diletakkan jauh dari benda-benda yang mudah terbakar.

Di Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Haji Ali RT 05 RW 04 Kampung Tengah, Kramat Jati, satu rumah berlantai dua hangus dilalap si jago merah akibat percikan api dari sebuah telepon seluler (ponsel) yang sedang diisi ulang baterainya. Peristiwa nahas itu terjadi Sabtu (1/9/2018) malam WIB.

Percikan api dari ponsel menyambar ke sebuah kasur, lalu dengan cepat membesar dan melahap habis seisi rumah. Petugas pemadam kebakaran (damkar) yang dibantu oleh warga sekitar berupaya memadamkan api terus membesar akibat kencangnya tiupan angin.

Sebanyak delapan unit mobil damkar diterjunkan ke lokasi kejadian untuk membantu proses pemadaman. Setelah berjibaku selama satu jam, api akhirnya berhasil dijinakkan.

“Jadi, ini kebakaran disebabkan pemilik rumah nyolok HP di atas kasur. Lalu HP-nya meledak hingga menyebabkan kebakaran,” ujar Komandan Peleton Damkar Kramat Jati, Subaryadi, kepada iNews di Jakarta, Sabtu (1/9/2018) malam.


Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Kendati demikian, kerugian materiel akibat musibah itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. “Kerugiannya kurang lebih Rp200 juta,” tutur Subaryadi.

Dia mengingatkan, peristiwa ini hendaknya menjadi perhatian bagi seluruh masyarakat agar berhati-hati ketika mengisi daya telepon genggam. Pastikan gawai yang sedang diisi daya listriknya tersebut diletakkan jauh dari objek atau benda-benda yang mudah terbakar.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda