Gulkarmat DKI Uji Coba Robot Pemadam Kebakaran Fasilitas LRT dan MRT

Antara, Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 17:15 WIB
Gulkarmat DKI Uji Coba Robot Pemadam Kebakaran Fasilitas LRT dan MRT

Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengujicobakan robot pemadam kebakaran. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengujicobakan robot pemadam kebakaran. Robot tersebut difungsikan untuk mengantisipasi keamanan sistem transportasi di Jakarta, khususnya Light Rail Transit (LRT) dan Moda Raya Terpadu (MRT).

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, robot Dok-ing MVF-U3 asal Kroasia itu sudah siap dioperasikan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan kejadian kebakaran di fasilitas LRT dan MRT.

"Saat ini sedang pelatihan personel, sharing knowledge, kan harus ada beberapa tim, mekaniknya, operatornya, terus semuanya itu kan dilatih sama dari luar negerinya dari Kroasia. Dia harus meyakinkan barangnya benar-benar matang, nanti akan repot dia kalau seandainya operasionalnya tidak benar," ujar Satriadi di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Dia menuturkan, saat ini ada satu unit robot yang dibeli 2019. Robot disimpan di Pusat Diklat dan SAR Dinas PKP DKI Jakarta, Ciracas Jakarta Timur.

"Kalau dioperasikan sih kapan pun standby, untuk antisipasi LRT dan MRT," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi