Guncangan Gempa M6,6 Terasa di Jakarta, BMKG: Getaran Seakan-akan Truk Berlalu

Putranegara Batubara · Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:37:00 WIB
Guncangan Gempa M6,6 Terasa di Jakarta, BMKG: Getaran Seakan-akan Truk Berlalu
Gempa M6,6 mengguncang Sumur, Banten, Jumat (14/1/2022) sore. (Foto: BMKG)

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi berkekuatan Magnitude (M) 6,6 yang berpusat di Sumur, Banten terasa hingga wilayah DKI Jakarta pada Jumat (14/1/2022). Guncangan itu terasa cukup keras, baik di luar maupun dalam bangunan.

Terkait hal itu, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno menilai guncangan gempa yang terasa di Jakarta seakan-akan ada truk yang sedang berlalu. 

"Terasa getaran seakan akan truk berlalu, Jakarta, Kota Tangerang, Ciracas, Bekasi, Kota Bandung, Kab. Bogor, Kotabumi, II - III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu," ungkap Bambang kepada awak media, Jakarta, Jumat (14/1/2022).

Lebih lanjut, hingga saat ini BMKG mencatat laporan dampak kerusakan akibat gempa ada di Kecamatan, Munjul dan Kecamatan, Cimanggu, Kabupaten Pandeglang yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Sedangkan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Sementara itu, BMKG menyatakan wilayah Selatan Banten diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,6. 

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel: