Hari Kedua Lebaran, Wisata Kota Tua dan Ragunan Kembali Dibuka

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 06 Juni 2019 - 09:30 WIB
Hari Kedua Lebaran, Wisata Kota Tua dan Ragunan Kembali Dibuka

Pengunjung menikmati Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Setelah ditutup pada hari pertama libur Lebaran kemarin, hari ini objek wisata itu kembali dibuka. (Foto: iNews.id/dok).

JAKARTA, iNews.id, – Sejumlah destinasi wisata milik Pemprov DKI Jakarta yang tutup pada hari pertama Lebaran 2019 akan kembali buka pada hari ini. Objek wisata itu antara lain Taman Margasatwa Ragunan dan kawasan Kota Tua.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, kebijakan menutup destinasi wisata pada hari perta Lebaran sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) No. 63 Tahun 2018 tentang Optimalisasi Kegiatan dan Penanganan Pengunjung di Tempat-Tempat Wisata Pada Hari Tertentu.

”Pada hari kedua Lebaran atau hari ini kembali buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB,” ujar Edy melalui keterangan tertulis, Kamis (6/6/2019).

Penutupan sejumlah objek wisata tidak diketahui sebagian warga. Pada Rabu kemarin, masyarakat banyak yang berbondong-bondong mendatangi Ragunan. Namun mereka harus kecewa karena mendapati gerbang ditutup.

Sementara itu, PT Transjakarta menyiapkan bus gratis yang akan mengangkut warga di Taman Margasatwa Ragunan. Layanan bus gratis dilakukan pada hari ini hingga Minggu (9/6), dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Bus gratis tersebut bakal mengangkut penumpang dari Kementerian Pertanian dan beberapa titik sebelum Ragunan.

Berikut daftar museum atau tempat wisata yang kembali buka pada hari kedua Lebaran 2019:

- Taman Margasatwa Ragunan;
- Monument Nasional;
- Museum Sejarah Jakarta;
- Museum Prasasti;
- Museum Joang 45;
- Museum MH. Thamrin;
- Museum Wayang;
- Museum Tekstil;
- Museum Seni Rupa dan Keramik;
- Museum Bahari;
- Museum Taman Arkeologi Onrust;
- Museum Rumah Si Pitung;
- Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan;
- Kawasan Kota Tua;
- Kawasan Taman Ismail Marzuki;
- Anjungan DKI Taman Mini Indonesia Indah;
- Lapangan Banteng; 
- Tugu Proklamasi.

Editor : Zen Teguh