Hari Sumpah Pemuda, PTSP Goes to Mall Hadir di Mal Kelapa Gading
JAKARTA, iNews.id – Memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jakarta turut berkontribusi dengan menghadirkan pelayanan prima bagi warga Ibu Kota melalui program “PTSP Goes to Mall”. Kali ini berlangsung di Summarecon Mal Kepala Gading (MKG) 3, Lantai Dasar Jakarta Utara.
Berbeda dari pelayanan sebelumnya, kali ini petugas dari Unit Pelaksana PTSP Kota Administrasi/Kecamatan se-Jakarta Utara tampil dengan pakaian adat tradisional nusantara. Penampilan menarik para petugas ini pun menjadi daya tarik serta menambah semarak peringatan hari bersejarah ini.
“Sebagai warga negara yang baik, kita patut menjadikan momentum Hari Sumpah Pemuda untuk merefleksikan kembali nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, dalam penyelenggaraan PTSP Goes to Mall kali ini kami mengerahkan petugas Unit Pelayanan PTSP dengan mengenakan pakaian adat sebagai cermin keberagaman budaya,” kata Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi, Jumat (26/10/2018).
Di MKG 3, PTSP Goes to Mall diselenggarakan pada Jumat hingga Minggu (26-28/10/2018) dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Pada hari pertama, jumlah pengunjung yang datang untuk berkonsultasi atau sekedar bertanya mengenai jenis layanan mencapai 361 orang.

Warga yang datang ke booth didominasi dengan para startup dan pelaku usaha, berkonsultasi terkait perizinan dan non-perizinan, di antaranya izin bidang aktivitas usaha, Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) serta Inovasi Layanan Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta.
“Program PTSP Goes to Mall mematahkan stigma negatif bahwa mengurus perizinan itu sulit dan berbelit. Dengan hadirnya kami di pusat-pusat kegiatan masyarakat secara berkesinambungan dan masif, masyarakat menjadi teredukasi bahwa kini proses mengurus perizinan atau non-perizinan itu mudah,” ujar Edy.
Dia bersyukur selama dua tahun terakhir program ini banyak diminati masyarakat. ”PTSP Goes To Mall juga selalu ramai dikunjungi warga yang ingin berkonsultasi seputar pengajuan perizinan dan inovasi layanan lainnya,” ucapnya.
Untuk diketahui, inovasi layanan “PTSP Goes To Mall” telah berhasil masuk dalam jajaran Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).
Sepanjang tahun ini, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta sudah bekerja sama dengan 33 mal atau pusat perbelanjaan terkemuka di Jakarta.
Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tujuan dari reformasi birokrasi yakni peningkatan kualitas pelayanan publik.PTSP Goes to Mall merupakan salah satu inovasi yang dilakukan DKI Jakarta.
”Ikhtiar ini untuk mendekatkan bagaimana kami bisa hadir di pusat-pusat kegiatan masyarakat. Dan, salah satu pusat yang paling banyak didatangi di Jakarta adalah pusat perbelanjaan karena itu kami hadir di sana dengan informasi dan pelayanan.” tutur Anies.
Pemprov DKI Jakarta, kata Anies, menyadari bahwa inovasi layanan PTSP Goes To Mall merupakan bagian dari menjawab tantangan zaman. Karena itu Pemprov DKI berkomitmen untuk terus bisa amanah, bekerja sepenuh hati dan dengan hati, sehingga dapat tuntas dalam melayani semua kebutuhan dasar dan hak sipil warga Jakarta.
“Mari kita bersama mewujudkan pelayanan publik yang baik, yang prima dan Insya Allah Indonesia akan dapat menjadi contoh bagi tempat-tempat yang lain. Maju kotanya, bahagia warganya,” ucap mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini.
Sementara itu Center Director Summarecon Mal Kelapa Gading, Tommy L menyambut positif inovasi layanan PTSP Goes to Mall. Kehadiran layanan ini mendukung semangat MKG yang selalu ingin dekat dengan pengunjung dan pelaku usaha.
”Mereka juga akan tahu proses perizinan tersebut sudah sangat mudah. Bukan saja tenant tapi pengunjung mal juga akan hadir dan terjadi komunikasi yang efektif, mereka bisa bertanya, serta jika ada usaha, mereka bisa langsung memproses untuk izin juga” ujar Tommy.
Urus Izin Sendiri Mudah
Kepala Unit Pelaksana PTSP Kota Administrasi Jakarta Utara Lamhot Tambunan mengimbau kepada seluruh warga Jakarta Utara dan sekitarnya untuk datang ke booth PTSP Goes to Mall. Sebab, Bang SOleh dan Mpok LUSI (sapaan akrab petugas pelayanan PTSP) siap membantu warga untuk mengurus perizinan dan non-perizinan, memberikan layanan konsultasi serta informasi yang dibutuhkan oleh warga Jakarta.
Dia menekankan, mengurus izin sendiri lebih bijaksana dibandingkan bila menggunakan jasa calo karena akan membutuhkan biaya besar dan memakan waktu lama.
”Sekarang dunia birokrasi telah bergerak maju, dengan berbagai inovasi layanan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Anda akan lebih dimudahkan dan informasi dapat Anda terima langsung dengan lebih jelas,” ujarnya.
Inovasi layanan PTSP Goes to Mall tak hanya diapresiasi masyarakat, DPMPTSP DKI Jakarta kembali meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat pada Pembukaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKNRM) di Kota Manado.
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menyerahkan penghargaan tersebut kepada Pemprov DKI Jakarta sebagai pemerintah daerah yang telah memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) sebagai wujud nyata Gerakan Indonesia Melayani. Penghargaan diterima langsung oleh Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi mewakili Gubernur Provinsi DKI Jakarta.
Editor: Zen Teguh