Ingin Masjid Ramah Lingkungan, Anies: Selesai Wudu Airnya Kembalikan ke Tanah

Rizki Maulana ยท Senin, 02 Maret 2020 - 05:00 WIB
Ingin Masjid Ramah Lingkungan, Anies: Selesai Wudu Airnya Kembalikan ke Tanah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: iNews.id).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berharap Masjid Cut Nyak Dien menjadi masjid ramah lingkungan. Dengan pengelolaan yang baik, diharapkan pula masjid ini dapat menjadi percontohan bagi lainnya.

Harapan Anies itu disampaikan saat menghadiri acara peresmian renovasi Masjid Cut Nyak Dien, Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu (1/3/2020). Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini awalnya menyinggung hujan deras yang mengguyur Jakarta belakangan ini.

Menurut Anies, masjid merupakan salah satu tempat yang menggunakan air cukup banyak. Ini karena dalam menjalankan ibadah, umat Islam harus melakukan wudu terlebih dahulu.

Karena menggunakan air cukup banyak, Anies mengimbau kepada pengelola agar menjadikan Masjid Cut Nyak Dien sebagai masjid ramah lingkungan. Semua aspek, terutama yang menyangkut lingkungan agar diperhatikan.

"Saya berharap masjid ini menjadi masjid ramah lingkungan. Artinya apa? Mengambil dan mengembalikan air. Airnya diambil dari tanah, karena itu selesai wudu airnya kembalikan ke tanah. Insyaallah masjid ini bisa dijadikan contoh masjid ramah lingkungan,” kata Anies, Minggu (1/3/2020).

Dalam kesempatan itu, Anies juga berharap para remaja masjid untuk dapat mengaplikasikan sisi semangat perjuangan Cut Nyak Dien sebagai pahlawan nasional. Sebagaimana namanya, masjid ini diharapkan sebagai tempat perjuangan.

Anies juga mengisahkan salah satu kendala dalam renovasi Masjid Cut Nyak Dien. Kendala itu yakni keterbatasan ruang, hampir di sekitar sisi masjid sudah terisi bangunan pertokoan. Karena itu, dia mengapresiasi kinerja dan keseriusan tim dalam melakukan renovasi tersebut.

"Masjid ini kanan, kiri, depan, dan belakang itu penuh dengan jalan, enggak mungkin bisa dilebarkan, karena itu renovasi penuh dengan batasan dan alhamdulillah bisa dituntaskan," ucapnya.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Abraham Lunggana atau akrab disapa Haji Lulung, serta para donatur renovasi.

Editor : Zen Teguh