Ini Alasan Anies Tetapkan 32 Lokasi CFD Khusus Pesepeda

Irfan Maruf ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 00:38 WIB
Ini  Alasan Anies Tetapkan 32 Lokasi CFD Khusus Pesepeda

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Pemprov DKI).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan tetap melanjutkan car free day (CFD) di 32 lokasi. Penetapan 32 lokasi tersebut menjadi kawasan CFD setelah di ruas Jalan Sudirman-Thamrin dihentikan karena terjadi kerumunan warga saat berjalan kaki dengan jarak saling berdekatan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, 32 lokasi itu merupakan kawasan khusus sepeda. Dia berharap bersepeda menjadi kebiasaan warga Jakarta.

"Mengenai kegiatan CFD kita lakukan penyebaran di 32 lokasi dan namanya pun bukan CFD. Namanya adalah kawasan pesepeda. Kenapa kawasan pesepeda? Untuk mendorong orang menggunakan sepeda agar jarak aman (pencegahan virus corona (Covid-19) bisa tercapai," ujar Anies dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Dia menilai saat ini antusiasme warga Jakarta untuk berolahraga sangat tinggi, sehingga dibutuhkan ruang yang cukup untuk mendukung kegiatan tersebut. Dia mencontohkan, pada hari libur, antrean warga terlihat di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) untuk berolahraga.

"Sebagian rumahnya tidak besar, kampungnya tidak ada ruang, maka ruang-ruang terbuka itu dibutuhkan. Terutama di hari libur," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi