Isolasi Mandiri, 180 Warga Duren Sawit Bertahap Dipindahkan ke RS Khusus Covid-19

Okto Rizki Alpino ยท Rabu, 16 September 2020 - 17:01 WIB
Isolasi Mandiri, 180 Warga Duren Sawit Bertahap Dipindahkan ke RS Khusus Covid-19

Ilustrasi, deretan ambulans membawa pasien Covid-19 antre memasuki RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Warga Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur yang menjalani isolasi mandiri di rumah karena terkonfirmasi positif Covid-19 mulai dipindahkan ke tempat fasilitas kesehatan. Pemindahan tersebut sesuai arahan Satgas Penanganan Covid-19 DKI Jakarta.

Kepala Puskesmas Duren Sawit Rita Wedya Astuti mengatakan, isolasi mandiri di rumah berisiko muncul penularan baru klaster keluarga. Sampai saat ini proses pemindahan masih berlangsung.

"Sudah sejak Jumat pekan lalu mulai dipindahkan ke 15 rumah sakit (RS) rujukan yang menangani pasien Covid-19. Sekarang masih proses pemindahan," ujar Rita di Jakarta Timur, Rabu (16/9/2020).

Dia menuturkan, proses pemindahan pasien melibatkan petugas kesehatan dengan menggunakan lengkap alat pelindung diri (APD) untuk mencegah penularan Covid-19.

"Warga Kecamatan Duren Sawit yang isolasi mandiri ada 180 orang. Setiap hari kita kirim 20 orang ke RSD (Rumah Sakit Darurat) Wisma Atlet dan rumah sakit rujukan," tuturnya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang pasien Covid-19 isolasi mandiri di rumah untuk mencegah penularan terhadap anggota keluarga.

Editor : Kurnia Illahi