Jajakan 47 Perempuan Penghibur, 7 Muncikari Venesia Karaoke BSD Ditangkap

Irfan Maruf ยท Kamis, 20 Agustus 2020 - 01:07:00 WIB
Jajakan 47 Perempuan Penghibur, 7 Muncikari Venesia Karaoke BSD Ditangkap
Tujuh orang muncikari yang disebut papi dan mami di Vanesia BSD Karaoke Executive ditangkap polisi. (Foto: Irfan Maruf/Bareskrim)

JAKARTA, iNews.id - Bareskrim Mabes Polri menangkap 13 orang dalam penggerebekan tempat karaoke dan spa, Venesia BSD Karaoke Executive di BSD City Tangerang Selatan, Rabu (19/8/2020) malam. Tujuh orang di antaranya adalah muncikari yang disebut dengan papi dan mami. 

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo mengatakan, pihaknya mengamankan 13 orang dalam penggerebekan tersebut. Sebanyak 13 orang tersebut 7 diantaranya sebagai mucikari, 4 orang disebut Papi dan 3 orang sebagai Mami. 

"Sebanyak 13 orang itu empat orang sebagai Papi (mucikari), tiga orang sebagai Mami (mucikari), tiga orang sebagai kasir, satu orang supervisor, satu orang sebagai manager operasional, satu orang sebagai General Manager," ujar Ferdy Sambo kepada iNews.id, Rabu (19/8/2020). 

Sambo menyebutkan ada dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dalam tempat hiburan tersebut. Tempat hiburan tersebut eksploitasi seksual pada masa pandemi Covid-19 

"Ini terkait TPPO bermoduskan eksploitasi seksual pada masa pandemi Covid-19," katanya. 

Penggerebekan dilakukan oleh Unit Empat Satgas TPPO dan Unit 1 VC Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri. Dalam kasus tersebut, penyidik mengamankan 47 orang yang dipekerjakan Vanesia BSD Karaoke Executive. Para pekerja tersebut berasal dari sejumlah daerah yaitu dari Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Editor : Dani M Dahwilani