JAKI, Aplikasi Berisi Informasi dan Pengaduan soal Jakarta
JAKARTA, iNews.id - Kemajuan teknologi menjadi angin segar bagi kehidupan manusia modern karena kehadirannya dapat meringankan beban dan kerja masyarakat. Bahkan zaman berganti, kehadirannya makin lekat dengan kegiatan warga di belahan dunia mana pun, terutama di kota-kota besar.
Jakarta sebagai salah satu kota metropolitan di dunia juga merasakan dampak positif dari kemajuan teknologi. Banyak sekali kebijakan dan pelayanan pada masyarakat yang dilakukan melalui bantuan aplikasi, salah satunya Jakarta Kini (JAKI).
Aplikasi JAKI merupakan pusat aplikasi sekaligus one-stop service untuk warga yang hidup dan beraktivitas di Kota Jakarta. Kehadirannya akan memenuhi kebutuhan infomrasi dan dapat mengintegrasikan seluruh layanan masyarakat yang ada di Pemprov DKI Jakarta.
Pemprov DKI Jakarta sadar betul bahwa kota ini bukan hanya milik warganya yang lahir, tumbuh, dan menetap, tetapi warga dari kota tetangga yang ikut berkontribusi memajukan perekonomian Ibu Kota. Sehingga banyak fitur yang sengaja dibuat untuk mengakomodir kebutuhan mereka.
Aplikasi yang telah diluncurkan sejak 27 September 2019 telah banyak perkembangan yang dilakukan. Pada fase pertama terdapat beberapa fitur, seperti JakWarta, JakISPU, JakSurvei, JakSiaga, JakLapor, dan JakServ.
JakWarta merupakan fitur yang menyajikan berita resmi langsung dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sedangkan JakISPU berisi informasi seputar jalanan dan kualitas udara Jakarta yang terintegrasi.
Fitur JakSurvei menyediakan ruang evaluasi bagi warga yang ingin menilai kinerja layanan masyarakat yang diberikan pemerintah Jakarta. Fitur keempat, yakni JakSiaga yang berfungsi untuk melakukan pengaduan darurat.
Sehingga ketika memiliki aplikasi JAKI, warga otomatis punya nomor penting saat situasi genting seperti Jakarta Siaga 112, tim SAR, pemadam kebakaran, dan lainnya. Warga dapat membantu membenahi Jakarta sekaligus mendapatkan rasa aman dalam satu aplikasi.
Fitur lainnya, yakni JakLapor yang berisi tentang laporan geo-tagging dan terintegrasi dengan sistem Cepat Respon Masyarakat (CRM) sehingga keluhan warga lebih mudah ditampung dan diselesaikan Pemprov DKI Jakarta. Fitur terakhir adalah JakServ yang mengintegrasikan berbagai situs web Pemprov DKI Jakarta yang warga butuhkan dan sudah tersedia. (Adv)
Editor: Tuty Ocktaviany