Jika Medis Membuktikan Overdosis, BNNP DKI Rekomendasi Eksotik Ditutup

Antara, Wildan Catra Mulia ยท Senin, 02 April 2018 - 18:58 WIB
Jika Medis Membuktikan Overdosis, BNNP DKI Rekomendasi Eksotik Ditutup

Kepala BNN Provinsi Jakarta Brigjen Pol Johny Pol Latupeirissa (tengah) (Foto: DOK/iNews.id)

JAKARTA,iNews.id – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jakarta menunggu hasil tes medis atas jenazah pengunjung yang ditemukan tewas di diskotek Eksotik. Apabila terbukti over dosis karena mengonsumsi narkoba, BNNP akan mengirimkan rekomendasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk menutup tempat hiburan malam di Mangga Besar, Jakarta Pusat itu.

“Kalau sudah jelas korban meninggal karena narkoba, saya akan merekomendasi diskotek tersebut ditutup, kalau perlu besok saya kirim rekomendasi ke Gubernur DKI,” kata Kepala BNNP DKI Brigjen Pol Johnypol Latupeirisa, di Jakarta, Senin (2/4/2018).

Namun, lanjut dia, penutupan itu baru akan dilakukan jika korban terbukti tewas karena overdosis narkoba. Sejauh ini, pihaknya belum bisa memastikan apakah korban Sudirman tewas akibat over dosis setelah mengonsumsi narkoba atau tidak. Sebab, pihaknya juga masih menunggu rekomendasi dari rumah sakit soal kematian Sudirman.

“Para penyidik kami masih di tempat kejadian perkara. Sebagian ke diskotek yang bersangkutan, sebagian lagi ke Rumah Sakit Husada tempat korban meninggal,” ujarnya.

Sementara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemprov DKI saat ini masih mengumpulkan data. Disparbud minta berita acara lalu menelusuri penyebab kematian pengunjung tersebut.

“Mengumpulkan data dulu. Kita sedang mendalami itu, kumpulkan data karena sampai sekarang kita belum dapat data resmi, tapi bahwa itu beritanya dari rumah sakit dalam kondisi meninggal tapi berbusa,” kata Kepala Disparbud Tinia Budiarti di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (2/4/2018).

Saat ditanya adanya indikasi peredaran narkoba di diskotek Eksotik. Tinia mengatakan, sesuai Peraturan Gubernur Nomor 18 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata, hal tersebut harus dipatuhi dan harus dijalankan.

Sebelumnya Seorang pria bernama Sudirman ditemukan tergeletak di diskotek Eksotik Mangga Besar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada Minggu 1 April. Pengunjung diskotek berusia 47 tahun itu tewas diduga overdosis minuman beralkohol atau narkoba, karena mengeluarkan busa dari mulutnya.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto