Kabur dari Lapas Tangerang, WN China Buat Rencana Matang selama 6 Bulan

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 21 September 2020 - 14:07 WIB
Kabur dari Lapas Tangerang, WN China Buat Rencana Matang selama 6 Bulan

Ilustrasi Penjara (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Polisi mengungkap fakta baru kaburnya narapidana warga negara (WN) China kasus narkoba bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kota Tangerang. Cai diduga telah membuat rencana matang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan pelaku sudah merencanakan selama enam bulan. Rencana pelarian diketahui enam bulan lalu setelah polisi melakukan pemeriksaan terhadap teman satu sel Cai Changpan. 

"Dari keterangan awal teman sel yang bersangkutan, bahwa dia sudah melakukan (perencanaan) kurang lebih 5 - 6 bulan," kata Yisri di Polda Metro Jaya, Senin (21/9/2020). 

Cai dapat membongkar tembok tersebut dengan menggunakan alat dari lokasi pembangunan dapur di dalam penjara. Benda diperoleh Cai sehingga bisa digunakan untuk menggali lubang hingga keluar Lapas

"Memang di dalam sel Lapas itu sedang ada pembangunan dapur," kata Yusri. 

Sebelumnya, Kepala Lapas Klas I Tangerang, Jumadi membenarkan adanya napi yang melarikan diri. Napi tersebut menggali lubang dari dalam lapas untuk bisa melarikan diri. Lubang tersebut rupanya terhubung dengan gorong-gorong di luar lapas. 

"Benar ada napi yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang," kata Jumadi, Jum'at (18/9/2020).

Untuk diketahui, Cai Ji Fan merupakan narapidana Narkoba yang divonis hukuman mati sejak tahun 2017 lalu. Dia diduga memanfaatkan kelengahan petugas sehingga dapat menggali lubang tanpa diketahui oleh petugas.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq