Kecolongan soal Penghargaan Diskotek Colosseum, Pemprov DKI Copot Panitia Seleksi

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 16 Desember 2019 - 18:30 WIB
Kecolongan soal Penghargaan Diskotek Colosseum, Pemprov DKI Copot Panitia Seleksi

Sekda DKI Jakarta, Saefullah (tengah). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membebastugaskan panitia penyeleksi penghargaan Adikarya Wisata 2019. Keputusan ini menyusul ditemukannya penilaian yang janggal oleh panitia itu karena memenangkan Diskotek Colosseum dalam ajang penghargaan tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, jika benar panitia seleksi melakukan kelalaian dan kesalahan, pihaknya tak segan memberikan sanksi. Akan tetapi, dia tak membeberkan hukuman apa yang bakal diberikan kepada mereka.

“Hari ini, Pak Gubenur (Anies Baswedan) telah memerintahkan Inspektorat agar memeriksa jajaran yang terlibat dalam proses penilaian. Dan jika terbukti lalai, akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Saefullah di Balai Kota Jakarta, Senin (16/12/2019).

Dia menjelaskan, pada penghargaan yang termaktub dalam SK Gubernur DKI Jakarta Nomor 388 Tahun 2019 tersebut, tanda tangan Anies dibuat dengan cara cetak (printed signature), bukan dibubuhkan secara manual oleh tangan Anies sendiri. Dengan begtiu, Saefullah menegaskan, para panitia yang juga menjadi bagian dari Dinas Pariwisata dan Kebudyaaan (Disparbud) DKI Jakarta itu untuk sementara dinonaktifkan. Mereka harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Saefullah pun meminta jajaran Pemprov DKI untuk melakukan pengecekan secara detail soal kasus yang sama. “Jajaran yang terlibat sementara dibebastugaskan selama pemeriksaan berjalan. Jadi, ke depan kami akan melakukan kajian secara ketat terhadap prosedur dan kriteria penilaian penghargaan Adikarya Wisata. Jadi, ini harus betul betul lebih cermat lagi,” tuturnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebelumnya membatalkan pemberian Anugerah Adikarya Wisata 2019 kepada diskotek Colosseum. Penghargaan tersebut sebelumnya diberikan Disparbud DKI Jakarta kepada kelab malam itu untuk nominasi hiburan dan rekreasi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil