Kejar Target Green House dan Net Zero Emission, Anies Bakal Bangun Ruang Terbuka Hijau di Kemayoran 

Muhammad Refi Sandi · Senin, 30 Mei 2022 - 15:01:00 WIB
Kejar Target Green House dan Net Zero Emission, Anies Bakal Bangun Ruang Terbuka Hijau di Kemayoran 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Resmikan Tebet Eco Park, Ruang Hijau Baru di Jakarta (dok. Pemprov DKI)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membangun Ruang Terbuka Biru (RTB) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) seluas 23 hektare di Kemayoran, Jakarta Pusat. Kebijakan itu saat Anies meneken MoU dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

"Karena itulah DKI Jakarta sangat bergembira ketika mendengar dan melihat bahwa kawasan Kemayoran akan disiapkan untuk menjadi tambahan ruang ketiga untuk penduduk di Jakarta," kata Anies dalam laman Youtube pribadinya dikutip, Senin (30/5/2022).

"Insyaallah 23 hektare yang nanti akan bisa digunakan ada 5 hektare ruang terbuka biru dan 17 hektare ruang terbuka hijau," tambahnya.

Anies mengucap terima kasih kepada Rektor UGM. Dia pun berharap kolaborasi tersebut dapat merancang dan mencapai tujuan sosiologi serta ekologi.

"Kami berterima kasih sekali pak Rektor karena bisa bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) untuk harapannya nanti bisa merancang tempat ini sehingga tujuan ekologi tercapai tujuan sosiologi juga tercapai," ujarnya.

Hadirnya RTB dan RTH di Kemayoran, Anies juga berharap tempat tersebut berkontributif guna mencapai target 'green house' dan 'net zero' emission di Jakarta.

"Dengan begitu tempat ini nanti mempersatukan dan tempat ini kontributif terhadap target Jakarta. 2030 adalah 30 persen pengurangan efek rumah kaca (ERK) dan 2050 kita net zero carbon emissions. Ini adalah satu prinsip yang kami harap bisa menjadi pedoman dalam kita melaksanakan MoU ini," tuturnya.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda