Kemenparekraf Gelar Beli Kreatif Danau Toba di Summarecon Mall Serpong
TANGERANG, iNews.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar pekan raya produk Sumatera Utara bertajuk Beli Kreatif Danau Toba dan Pesona Kuliner Danau Toba untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2021, Jumat (12/2/2021). Pekan raya berlangsung di Summarecon Mall Serpong (SMS), Tangerang, Banten.
Beli Kreatif Danau Toba dan Pesona Kuliner Danau Toba merupakan gelaran untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan Kemenparekraf. Gernas BBI merupakan salah satu jurus untuk mendorong peningkatan pariwisata Indonesia.
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan, dalam kegiatan ini kementerian menampilkan produk UMKM yang telah terkurasi dari tiga subsektor ekonomi kreatif, yakni Desain Produk, Fashion, dan Kuliner.

"Beli Kreatif Danau Toba dan Pesona Kuliner Danau Toba dilaksanakan untuk mendorong pelaku dan produk kreatif di destinasi super prioritas Danau Toba, Provinsi Sumatra Utara, agar dapat bangkit di masa pandemi," kata Nia, Jumat (12/2/2021).
Nia menuturkan, di masa pandemi para pelaku seni dituntut untuk tetap kreatif dan produktif dalam menghasilkan karya. Terkait itu, Kemenparekraf bersama SMS memberikan wadah bagi para pelaku seni untuk terus berkarya.
"Program Beli Kreatif Danau Toba ini harus digaungkan, tidak hanya di Sumatera Utara, tetapi juga di daerah-daerah yang banyak diaspora Batak-nya. Strategi word of mouth ini cukup efektif di masyarakat Indonesia," kata dia.
Nia berharap melalui kegiatan ini sektor pariwisata Danau Toba lebih cepat pulih. Diharapkan pula sistem pembelian (wisata) secara offline juga tetap tumbuh di tengah melesatnya penjualan online.
Center Director Summarecon Mall Serpong Tommy mengatakan, kegiatan ini akan diisi dengan kegiatan menarik dan inspiratif. Selain kuliner, juga ditampilkan berbagai produk ekonomi kreatif seperti musik etnik Sumatera Utara, kompetisi foto, dan bintang kreasi dari pegiat kreatif maupun kuliner lokal.