Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Situasi Terkini Area Kuliner di Kalibata usai Dibakar Buntut 2 Matel Tewas Dikeroyok
Advertisement . Scroll to see content

Kemenparekraf Gelar Beli Kreatif Danau Toba di Summarecon Mall Serpong

Jumat, 12 Februari 2021 - 22:10:00 WIB
Kemenparekraf Gelar Beli Kreatif Danau Toba di Summarecon Mall Serpong
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Beli Kreatif Danau Toba di Summarecon Mall Serpong pada 11-21 Februari 2021. (Foto: Sindonews/Hasan Kurniawan).
Advertisement . Scroll to see content

TANGERANG, iNews.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar pekan raya produk Sumatera Utara bertajuk Beli Kreatif Danau Toba dan Pesona Kuliner Danau Toba untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2021, Jumat (12/2/2021). Pekan raya berlangsung di Summarecon Mall Serpong (SMS), Tangerang, Banten.

Beli Kreatif Danau Toba dan Pesona Kuliner Danau Toba merupakan gelaran untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan Kemenparekraf. Gernas BBI merupakan salah satu jurus untuk mendorong peningkatan pariwisata Indonesia.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan, dalam kegiatan ini kementerian menampilkan produk UMKM yang telah terkurasi dari tiga subsektor ekonomi kreatif, yakni Desain Produk, Fashion, dan Kuliner.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Beli Kreatif Danau Toba di Summarecon Mall Serpong pada 11-21 Februari 2021. (Foto: Sindonews/Hasan Kurniawan).

"Beli Kreatif Danau Toba dan Pesona Kuliner Danau Toba dilaksanakan untuk mendorong pelaku dan produk kreatif di destinasi super prioritas Danau Toba, Provinsi Sumatra Utara, agar dapat bangkit di masa pandemi," kata Nia, Jumat (12/2/2021).

Nia menuturkan, di masa pandemi para pelaku seni dituntut untuk tetap kreatif dan produktif dalam menghasilkan karya. Terkait itu, Kemenparekraf bersama SMS memberikan wadah bagi para pelaku seni untuk terus berkarya. 

"Program Beli Kreatif Danau Toba ini harus digaungkan, tidak hanya di Sumatera Utara, tetapi juga di daerah-daerah yang banyak diaspora Batak-nya. Strategi word of mouth ini cukup efektif di masyarakat Indonesia," kata dia. 

Nia berharap melalui kegiatan ini sektor pariwisata Danau Toba lebih cepat pulih. Diharapkan pula sistem pembelian (wisata) secara offline juga tetap tumbuh di tengah melesatnya penjualan online.

Center Director Summarecon Mall Serpong Tommy mengatakan, kegiatan ini akan diisi dengan kegiatan menarik dan inspiratif. Selain kuliner, juga ditampilkan berbagai produk ekonomi kreatif seperti musik etnik Sumatera Utara, kompetisi foto, dan bintang kreasi dari pegiat kreatif maupun kuliner lokal.

"BKDT dan PKDT digelar mulai 11 Februari hingga 21 Februari 2021 di Atrium Circle dan Broadway Stage SMS, dengan diisi oleh sejumlah UMKM yang akan menampilkan kekayaan tradisi dan budaya Sumatera Utara," tuturnya

Di bidang kreatif dan kuliner, pelaku UMKM seperti House of Daminten, Damn I Love Indonesia, Solu Ulos, Bolu Medan CF, Bihun Kari Medan, Nasi Goreng Teri Medan, RM BPK Sinabung, dan lainnya akan memamerkan produknya.  

Tak hanya itu, SMS juga akan memanjakan lidah para pecinta kuliner di SOUQaria Kulineran, yang akan digelar di SOUQ Pasar Malam, mulai 11 Februari hingga 14 Maret 2021.

"Selama satu bulan penuh, SOUQaria Kulineran akan menghadirkan lebih dari 30 tenant dengan beragam jenis cita rasa khas Indonesia dan jajanan kekinian mulai dari seblak, bakso, hingga ramen, yang pastinya enak banget," ucap Tommy.

Editor: Zen Teguh

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut