Ketua DPRD Ingatkan Pemprov DKI : Masalah Jakarta dari Dahulu Macet dan Banjir

Fakhrizal Fakhri ยท Senin, 28 September 2020 - 10:29 WIB
Ketua DPRD Ingatkan Pemprov DKI : Masalah Jakarta dari Dahulu Macet dan Banjir

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. (Foto: Dok. iNews.id).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta serius menangani persoalan banjir di Ibu Kota. Antisipasi banjir dinilai penting di tengah wabah virus corona (Covid-19).

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan, mitigasi kepada warga Jakarta harus gencar dilakukan. Harapannya, dampak kerugian lebih besar bisa dihindari.

"Jangan pas banjir baru kerja. Penanganan banjir ini perlu diantisipasi jauh-jauh hari. Harus menyiapkan mitigasi banjir," ujar Prasetio di Jakarta, Senin (28/9/2020).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menilai, sejak beberapa tahun lalu mitigasi banjir bukan lagi menjadi program prioritas di Jakarta. Indikasinya, kata dia terlihat dari pemangkasan pagu penanganan banjir beberapa tahun terakhir.

Bahkan, Dinas Sumber Daya Air (SDA) sempat tidak memiliki anggaran untuk penanganan banjir tahun ini. "Saya sudah katakan berkali-kali masalah Jakarta itu dari dahulu 2, macet dan banjir, karena itu saya menyetujui dibentuknya pansus banjir. Perlu keseriusan untuk masalah banjir ini," ucapnya.

Dia juga mendorong Pemprov DKI mengoptimalkan alokasi dana pinjaman sebesar Rp12,5 triliun dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Pinjaman tersebut dialokasikan untuk 2020 dan 2021 dengan beberapa program prioritas.

Selain banjir, anggaran juga akan digunakan untuk sejumlah program, seperti kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. "Dengan ketersediaan anggaran, sudah saatnya Pak Gubernur memperbaiki manajemen, standar prosesdur untuk penanganganan banjir," katanya.

Editor : Kurnia Illahi