Lacak Covid-19, Rapid Test di Kecamatan Senen Sasar ODP dan Lansia

Antara ยท Selasa, 09 Juni 2020 - 17:51 WIB
Lacak Covid-19, Rapid Test di Kecamatan Senen Sasar ODP dan Lansia

Tes Covid-19 terhadap warga Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (9/6/2020). (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Puskesmas Kecamatan Senen, Jakarta Pusat gencar menggelar rapid test untuk melacak orang terinfeksi virus corona (Covid-19). Rapid test dilaksanakan terhadap 209 warga yang tinggal di wilayah Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (9/6/2020).

Kasatpel Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Kecamatan Senen, Erma Handayani mengatakan sistem pengetesan Covid-19, baik tes cepat maupun swab test oleh Puskesmas Kecamatan Senen dinilai cukup membantu dalam melacak orang terkonfirmasi kasus positif Covid-19.

"Rapid kampung ini sasarannya orang dalam pemantauan (ODP) dan kelompok rentan seperti lansia, ibu hamil dan orang-orang yang memiliki diabetes, sesak atau dikenal komorbid," ujar Erma saat ditemui di sela-sela Rapid Kampung, di Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Dia menuturkan, selain rapid test dan swab test juga melacak orang yang pernah kontak atau tinggal di dekat lokasi kasus positif Covid-19. Pengetesan Covid-19 bertajuk Rapid Kampung ini akan secara bergiliran dilaksanakan setiap Selasa dan Kamis di kelurahan yang ada di Kecamatan Senen.

"Tadi ada anak-anak ikut karena mereka kontak erat dari kasus yang reaktif atau tetangga yang dekat kasus yang positif," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi