Libatkan 470 Kendaraan Listrik, Karnaval Jakarta Langit Biru Targetkan Rekor Muri

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 26 Oktober 2019 - 09:08 WIB
Libatkan 470 Kendaraan Listrik, Karnaval Jakarta Langit Biru Targetkan Rekor Muri

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah. (Foto: iNews.id/Wildan Catra)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) dan iNews menggelar karnaval mobil listrik bertajuk “Jakarta Langit Biru”, Minggu (27/10/2019). Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan, konvoi kendaraan listrik tersebut sudah didaftarkan untuk mendapatkan rekor Muri.

Dia menyebutkan, akan ada 470 kendaraan listrik yang bakal melintas jantung Ibu Kota. “Rencananya konvoi ini juga akan diajukan untuk mendapatkan rekor muri. Untuk kategori karnaval kendaraan listrik jenis terbanyak. Target kita untuk kendaraan ini nanti 470 kendaraan,” kata Saefullah di Jakarta, Sabtu (26/10/2019).

Hingga pagi ini, jumlah kendaraan listrik yang sudah didaftarkan oleh panitia 315 unit. Untuk itu, dia berharap ada partisipasi lebih lagi dari masyarakat. “Untuk itu panitia menunggu karena keberhasilan suatu event, apalagi ini masih promosi, dukungan masyarakat itu penting. Jadi tidak semuanya aksi pemerintah, dukungan masyarakat itu sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Saefullah menuturkan, karnaval “Jakarta Langit Biru” hari ini akan dibuka Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Karnaval kendaraan listrik itu bakal menempuh jarak kurang lebih 10 kilometer dari Patung Pemuda Senayan, Jakarta Selatan, menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, dan kembali lagi.

Menurut Saefullah, kegiatan ini sesuai dengan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. “Kegiatan ini juga untuk mengampanyekan penggunaaan kendaraan berbasis energi ramah lingkungan dan menjaga agar Jakarta minus karbon,” tuturnya.

Karnaval “Jakarta Langit Biru” dimulai pada pukul 14.00-18.00 WIB. Direncanakan ratusan kendaraan listrik mulai sepeda, sepeda motor, bajaj, mobil hingga bus listrik akan meramaikan acara tersebut. Untuk mendukung kelancaran Jakarta Langit Biru, Pemprov DKI akan menerjukan 200 orang petugas Dinas Perhubungan, 300 orang Satpol PP, 200 orang tenaga kebersihan, empat ambulans dan 16 orang tenaga medis.

Acara juga akan dimeriahkan tim tanjidor dan kesenian Betawi, 10 pasang abang-none dan UMKM binaan DKI Jakarta. Tak hanya itu, ada pula booth untuk pemeriksaan kendaraan gratis.


Editor : Ahmad Islamy Jamil