Liburan ke Taman Margasatwa Ragunan, Warga Jakarta Bisa Naik Bus Transjakarta Gratis

Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 24 Desember 2019 - 13:45 WIB
Liburan ke Taman Margasatwa Ragunan, Warga Jakarta Bisa Naik Bus Transjakarta Gratis

Ilustrasi, Bus Transjakarta. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan termasuk tempat favorit yang ramai dikunjungi saat liburan hari besar seperti Natal dan Tahun Baru. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi saat berlibur.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan, masyarakat diimbau beralih ke transportasi umum untuk mengurangi kemacetan. Pemprov DKI melalui Transjakarta menyediakan layanan bus Transjakarta gratis bagi masyarakat yang berlibur ke Ragunan.

"Kami siapkan rute khusus tidak berbayar ke Ragunan agar dapat membantu layanan transportasi lebih mudah, terjangkau dan tidak menimbulkan kemacetan bagi warga lain yang hendak melintas di sekitar tempat rekreasi tersebut," ujar Nadia di Jakarta, Selasa (24/12/2019).

Dia menuturkan, layanan khusus bus gratis tujuan Ragunan disediakan Metrotrans rute GR 3-SMK 57 dari titik awal halte SMK 57 Warung Jati Barat menuju Taman Margasatwa Ragunan dan sebaliknya dengan interval setiap 15 menit sekali.

Selain ke Ragunan, Transjakarta juga menyediakan rute terintegrasi TJ-MRT untuk mendukung liburan Natal dan Tahun Baru 2020. Layanan ini, Transjakarta menyiapkan tiga unit Shuttle Metrotrans yang akan melayani selama 10 hari.

Bus tersebut dioperasikan mulai Selasa 24 Desember 2019 sampai Jumat 2 Januari 2020 yang beroperasi pukul 09.00-17.00 WIB. Rute ini disiapkan untuk mengantisipasi kepadatan pengguna kendaraan pribadi yang menuju ke tempat wisata tersebut.

"Biasanya Ragunan pada musim liburan penuh dengan kendaraan pribadi sehingga kepadatan kendaraan tak jarang menimbulkan kemacetan," katanya.

Editor : Kurnia Illahi