LPSK Pastikan Kondisi Bharada E Aman tapi Butuh Penguatan Spiritual

muhammad farhan ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 16:55:00 WIB
LPSK Pastikan Kondisi Bharada E Aman tapi Butuh Penguatan Spiritual
Tersangka kasus penembakan Brigadir J, Bharada E jani mengungkap peran atasan usai ditetapkan jadi justice collaborator. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id  - Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Susilaningtyas menjelaskan kondisi Bharada E alias Richard Eliezer, aman selama menjadi Justice Collaborator (JC). Namun, Bharada E butuh bimbingan spiritual.

"Kami berikan perlindungan fisik kemudian ada perlindungan sebagai JC, ada pendampingan. Kami juga menyediakan rohaniawan untuk Bharada E jika dibutuhkan karena butuh untuk penguatan spiritual," ujar Susi di Gedung LPSK, Kamis (18/8/2022). 

Susi pun mengatakan Bharada E juga memohon perlindungan kepada keluarganya jika kiranya ada ancaman yang diterima. 

"Keluarga Bharada E masih aman, kalau ada ancaman, Bharada E sudah sampaikan kalau ada ancaman mohon LPSK untuk berikan perlindungan ke keluarganya," kata Susi. 

Sebagai informasi, perlindungan yang diberikan oleh LPSK terhadap pemohonnya dilakukan guna menjamin keterangan saksi atau korban tidak dipengaruhi oleh adanya ancaman serta tekanan dari pelaku dan lainnya. 

Adapun bentuk perlindungan yang diberikan LPSK kepada Bharada E, menurut Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo, sebagai berikut yakni, penebalan di rutan, pemasangan CCTV portabel, suplai logistik, cek steril udara, pemeriksaan rutin dokter/psikolog, dan mendatangkan rohaniawan.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda