Lurah Benda Baru Perusak SMAN 3 Tangsel Dijatuhi Sanksi Etika

Hasan Kurniawan ยท Minggu, 20 September 2020 - 23:45:00 WIB
Lurah Benda Baru Perusak SMAN 3 Tangsel Dijatuhi Sanksi Etika
Lurah Benda, Saidun. (foto: ist)

BENDA, iNews.id - Lurah Benda Baru, Saidun, dijatuhi sanksi etika sebagai konsekuensi perusakan di SMAN 3 Kota Tangerang Selatan. Sebelumnya, Saidun lolos dari sanksi pidana.

Saidun dilaporkan polisi oleh SMAN 3 Tangsel karena mengamuk dan menendang meja. Aksi Saidun terjadi karena enam siswa titipannya tidak diterima masuk di SMAN 3 Tangsel.

Saidun lalu dijerat dengan pasal perusakan dan perbuatan tidak menyenangkan. Setelah proses hukum dikepolisian selesai karena pihak SMAN 3 Tangsel mencabut laporannya, Saidun masih harus menjalani proses etikanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tangsel, Bambang Nortjahjo, mengatakan untuk perkara Saidun sidang etik memutus bahwa apa yang dilakukannya itu menyalahi aturan baik dengan melakukan perusakan maupun menitipkan siswa.

"Sanksinya ya macam-macam, pilihannya itu kan yang diberikan sama sidang etik. Pilihannya ada banyak hukuman sedang. Ada A, B, C, ya masuk kategori sedang," kata Bambang, Minggu (20/9/2020).

"Ke depan harus ada perbaikan dari pemikiran para pejabat di kewilayahan. Sementara ini yang terbukti baru Saidun," ujarnya.

Akibat perbuatannya, Saidun bisa disanksi penurunan pangkat, penundaan kenaikan pangkat, dan lainnya yang termasuk kategori sanksi etik sedang pelanggaran ASN.

Editor : Arif Budiwinarto